Tutorial

Tutorial Cara Pasang Iklan di Google Ads (AdWords)

Cara Pasang Iklan di Google Ads

Ingin mengiklankan bisnis Anda menggunakan layanan Google? Mau tahu bagaimana cara pasang iklan di Google yang terbaru? Google Ads atau yang dulu disebut Google AdWords adalah sebuah fitur dari platform Google. 

Sesuai namanya, fitur ini ditujukan untuk menampilkan paid search atau iklan yang berbayar pada hasil pencarian di Google. Bagi Anda yang belum tahu, bahwa saat ini ada lebih dari 90% pengguna internet di Indonesia yang memanfaatkan mesin pencarian Google.

Pernyataan ini sesuai dengan data dari Global Stats Counter. Di mana dalam pernyataannya, dijelaskan bahwa Google mempunyai pangsa pasar di mesin pencarian mencapai 92,24%. 

Penjelasan Tutorial dan Cara Pasang Iklan di Google Ads (AdWords)

Menggunakan layanan fitur Google Ads atau AdWords ini memungkinkan Anda bisa menampilkan iklan pada hasil mesin pencarian Google. Pencarian ini disesuaikan dengan kata kunci yang relevan berdasarkan apa yang Anda iklankan. 

Fitur Google Ads (AdWords) juga akan membantu Anda dalam mengiklankan bisnis lewat aplikasi dan juga website partner dari Google. Nah, jika Anda ingin menggunakan fitur ini, maka Anda harus bagaimana cara memasang layanan iklan tersebut. 

Cara memasang iklan di Google Adwords sebenarnya sangatlah mudah dan hanya hanya dibutuhkan waktu beberapa menit saja. Berikut ini tutorial mengenai cara pasang iklan di Google.

1. Buka Google Ads

Cara pertama adalah membuka Google Ads dengan mengunjungi halaman website ads.google.com.

2. Miliki Akun Google

Karena Google Ads ini merupakan produk Google, maka untuk Login Anda diharuskan untuk menggunakan akun Google. Jika sudah mempunyai akun Google, maka Anda hanya tinggal login saja menggunakan gmail, namun jika masih belum punya, Anda dapat mendaftar akun baru. Akun Google ini sangat penting supaya Anda bisa menggunakan fasilitas layanan dari Google tersebut.

3. Pilih Goal

Pilih goal dari layanan iklan bisnis Anda, apakah menghubungi melalui telepon, mengunjungi toko offline, ataukah kunjungi website. Lalu, masukkan alamat website maupun alamat toko online yang ingin Anda iklankan. 

4. Targetkan Iklan

Masukkan tujuan dan sasaran iklan sesuai dengan petunjuk yang tersedia. Dalam tahap ini, Anda bisa sekaligus menentukan seberapa luas jangkauan lokasi target iklan yang diinginkan. Anda dapat langsung spesifik menyebutkan nama negara, provinsi, kabupaten/kota, bahkan hingga sampai ke tingkat kecamatan.

5. Pilih Kategori Iklan

Tulis iklan Anda, lalu perjelas lah detail produk maupun layanan yang ditawarkan atas bisnis Anda. Termasuk detail mengenai hal apa saja yang membuat bisnis tersebut terlihat unik dan layak dipilih.

6. Buat Copy Iklan

Buatlah copy iklan Anda untuk paid search dengan tepat. Pastikan Anda memasukkan maksimal 30 karakter untuk headline iklan dan 80 karakter untuk bagian isi. Buatlah iklan yang cukup singkat, padat, dan jelas, serta mampu menarik minat calon pelanggan. 

Dalam tahap ini, pilihlah kata kunci yang tepat dan mampu mewakili bisnis Anda. Contohnya saja bila layanan bisnis Anda adalah berjualan pakaian. Anda bisa menuliskan kata kunci seperti “pakaian murah”, “baju muslimah”, “baju anak”, dan masih banyak yang lain. 

7. Masukkan Foto

Supaya lebih menggambarkan detail bisnis, Anda bisa memasukkan foto yang tepat dan menarik perhatian.

8. Menentukan Budget

Google AdWords menawarkan sistem Pay Per Click (PPC), sehingga Anda hanya akan membayar sejumlah iklan yang diklik pelanggan. Selain itu, Anda pun bisa melakukan estimasi harga atau biaya sesuai anggaran yang diinginkan. 

9. Metode Pembayaran

Terakhir, pilihlah metode pembayaran menggunakan kartu kredit maupun transfer bank. Dengan demikian, Anda pun bisa memberikan batasan sesuai kemampuan Anda dalam mengeluarkan biaya beriklan.

Selamat, kini iklan bisnis Anda akan telah berhasil ditayangkan di Google. Cara pasang iklan di Google ini sangat mudah dan bisa menekan biaya iklan bisnis Anda bukan? Selanjutnya, Anda tinggal menunggu perkembangan brand bisnis dan meningkatnya jumlah pelanggan Anda. 

Jika dalam cara memasang iklan di Google ini dinilai terlalu sulit karena terdapat istilah dan berbagai indikator yang harus diperhatikan, maka Anda dapat menggunakan jasa iklan di Google di Digitalic.id atau yang bisa disebut juga sebagai jasa Search Engine Marketing (SEM). Yuk konsultasikan strategi marketing digital bisnis Anda dengan Digitalic.id.

Author

Tim Konten Digitalic

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *