Jika Anda bergelut di bidang SEO, salah satu hal yang harus dipahami adalah mengenai fitur People Also Search For atau PASF. Sebenarnya fitur ini sudah lama ada, namun jarang diperhatikan. Padahal jika berhasil masuk dalam deretan PAA atau PASF, sangat berpotensi untuk mendapatkan klik yang tinggi.
Setiap pencarian yang dilakukan, ditulis dalam bentuk teks dan pertanyaan. Mesin pencari seperti Google merangkum pertanyaan tersebut ke dalam people also ask atau people also search.
Algoritma Google akan memilih mana halaman yang menjawab pertanyaan dengan baik, dan menyematkannya pada pertanyaan yang sesuai. Sehingga pengguna bisa langsung menemukan jawaban yang mereka cari.
Apa Itu People Also Search For?
People also search for (PASF) atau People also ask for (PAA) adalah sebuah fitur pencarian yang berisikan pertanyaan yang sering ditanyakan. Pertanyaan yang muncul juga disesuaikan dengan query pencarian yang dilakukan user. Mesin pencari akan memunculkan beberapa pertanyaan, lengkap dengan jawaban berupa potongan artikel dari halaman yang sesuai.
Pada setiap pertanyaan juga terdapat link halaman yang bisa langsung diklik, guna menemukan jawaban yang lebih spesifik. Hanya ada satu halaman artikel yang ditampilkan pada tiap pertanyaan.
Fitur pencarian ini juga sering disebut sebagai rich snippet, hanya saja memiliki perbedaan pada penempatan dan format yang digunakan.
Kenapa PAA atau PASF Penting?
Bagi pengguna, fitur ini mungkin sekedar kolom pertanyaan biasa. Namun bagi pemilik website, bisa masuk dalam people also ask adalan pencapaian, terutama bagi penulis yang membuat artikel tersebut. Berikut beberapa alasan kenapa fitur PASF penting, antara lain:
1. Menjawab Pertanyaan Pengguna
Salah satu tujuan pembuatan artikel adalah untuk membantu pengguna. Baik untuk memberikan jawaban atas pertanyaan mereka, maupun memberikan solusi atas masalah yang sedang dihadapi. Masuk dalam pencarian People Also Search For adalah salah satu cara mewujudkan hal itu.
Kita bisa langsung memberikan jawaban atas apa yang sedang dibutuhkan oleh pengguna. Dengan begitu, mereka akan sangat terbantu dengan informasi yang diberikan. Apalagi tulisan kita dipilih karena dirasa cocok oleh algoritma search engine.
2. Mendatangkan Traffic ke Website
Layaknya berada pada posisi teratas pencarian, memiliki kesempatan masuk dalam “orang lain juga bertanya” pun berpotensi mendatangkan traffic. Secara posisi di SERP mungkin artikel kita tidak masuk di halaman pertama, namun dengan adanya artikel tersebut dalam People Also Search For, bisa dikatakan kita berhasil memenangkan hasil pencarian.
3. Mudah Ditemukan User
Adanya kolom pertanyaan membuat pengguna lebih mudah menemukan jawaban yang dicari. Untuk kita sebagai pemilik website, lebih mudah ditemukan oleh pembaca. Maka dari itu, kita perlu mengoptimalkan artikel agar dapat masuk dan bertahan di kolom PASF.
Cara Menemukan Topik dengan People Also Search For
Pada dasarnya hampir semua query memiliki kolom pertanyaan. Namun kita juga perlu mencari topik yang dapat kita maksimalkan, dan berpotensi mendatangkan traffic. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mencari topik people also ask:
1. Lakukan Riset Keyword
Temukan topik yang ingin dibahas dengan melakukan riset keyword. Fokuskan pencarian pada kolom PASF, lalu kumpulkan pertanyaan yang ingin dijawab. Masukkan semua query tersebut ke dalam artikel.
2. Manfaatkan Fitur Pencarian
Cara termudah untuk mencari topik PASF adalah dengan mengandalkan pencarian. Kita bisa menemukan banyak pertanyaan yang telah dipilihkan oleh algoritma. Kemudian siapkan jawaban terbaik.
3. Gunakan Tools Khusus PASF
Kita juga bisa menggunakan tools khusus, seperti people also ask, answer the public, also asked dan beberapa tools khusus PAA/PASF lainnya.
Cara Optimasi People Also Search For untuk SEO
Bila sudah menemukan topik yang ingin dibahas, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi people also ask melalui artikel, yaitu:
1. Buat Judul yang Menarik
Agar menghasilkan klik yang tinggi, judul dan deskripsi artikel dibuat dengan semenarik mungkin. Usahakan untuk menempatkan keyword atau pertanyaan di dalam judul serta deskripsi artikel. Itu akan menambah peluang artikel kita terpilih.
2. Berikan Jawaban Singkat
Jika ingin menyertakan pertanyaan di dalam artikel, berikan jawaban yang singkat atas pertanyaan tersebut. Menurut penjelasan SEMRush, jawaban bisa diberikan dalam 40 – 45 kata. Namun bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembaca.
3. Gunakan pada Sub Heading
Tidak hanya berguna sebagai pemisah antar topik, sub heading juga dapat dipakai untuk menempatkan pertanyaan People Also Search For. Jangan lupa untuk memberikan jawaban yang tepat pada bagian penjelasan. Sehingga pengguna bisa langsung mendapatkan yang mereka inginkan.
4. Gunakan Format List
Agar semakin mudah terbaca, kita juga bisa menggunakan format tertentu, seperti angka atau bullet list. Ini juga akan menarik perhatian pembaca untuk melakukan klik.
5. Sesuaikan dengan Format Google
Saat melakukan riset keyword dan melihat hasil pencarian, kita juga harus memperhatikan hasil yang diberikan oleh algoritma. Apakah ditampilkan dalam bentuk teks, list, atau gambar dan video. Itu bisa menjadi acuan kita menulis artikel PAA/PASF yang sesuai dengan format Google atau search engine.
6. Optimasi Gambar
Karena gambar juga berpotensi tampil dalam kotak PAA, maka kita juga perlu melakukan optimasi gambar. Kita bisa menyematkan keyword ke dalam alt text, caption, judul dan deskripsi gambar. Dengan begitu gambar akan lebih maksimal.
Sekarang saatnya untuk menerapkan teknik ini ke dalam artikel yang kita buat. Namun tetap dibarengi dengan teknik optimasi lainnya. Saat sudah berhasil menjawab pertanyaan di People Also Search For, jangan lupa untuk terus mempertahankannya. Karena bisa saja ada jawaban lain yang lebih baik dari informasi yang kita berikan kepada pengguna.