Algoritma Google: Perkembangan dan Tips untuk SEO

  • Bagikan:
  • Algoritma Google terus berkembang untuk menyediakan hasil pencarian yang lebih relevan dan bermanfaat bagi penggunanya. Perubahan ini membawa dampak signifikan pada dunia SEO sehingga Anda sebagai pegiat SEO harus beradaptasi dan melakukan upgrade strategi SEO agar tidak tertinggal. 

    Namun, mungkin beberapa dari Anda ada yang masih kebingungan untuk mengetahui perkembangan algoritma Google. Jangan khawatir, karena artikel ini akan mengulas tentang perkembangan algoritma tersebut, dampak terhadap SEO, dan beberapa tips agar website Anda tetap ‘terlihat’ dalam algoritma pencarian Google. Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari simak langsung ulasan berikut ini.

    Apa Itu Algoritma Google?

    Algoritma Google merupakan sebuah sistem untuk menyediakan hasil pencarian yang relevan berdasarkan query yang diajukan oleh pengguna. Bisa dikatakan bahwa fungsi dari algoritma Google ini adalah sebagai otak saat kita mencari sesuatu di Google. 

    Cara kerja mesin pencari Google biasanya mengambil data dari indeks pencarian dan mempertimbangkan ratusan faktor, seperti kata kunci, kualitas konten, backlink, hingga pengalaman pengguna, sehingga akhirnya Google akan merekomendasikan beberapa website yang menurutnya relevan sesuai dengan yang dicari oleh penggunanya. 

    Jadi intinya adalah, algoritma Google dirancang untuk memastikan bahwa pengguna mendapatkan akses ke informasi yang paling relevan dan dapat dipercaya berdasarkan kata kunci atau frasa yang mereka cari.

    Perkembangan Algoritma Google

    Sekarang Anda telah mengetahui definisi algoritma mesin pencari Google, kini saatnya mengetahui perkembangannya. Inilah perkembangan algoritma Google yang berhasil kami kumpulkan:

    Update Algoritma Google Tahun 2023

    Agustus 2023 Core Update

    Google mengumumkan pembaruan algoritma inti yang dimulai pada 22 Agustus dan masih terus berlangsung. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang pembaruan inti ini di sini

    April 2023 Reviews Update

    Pembaruan ini ditargetkan pada konten ulasan di basis per halaman. Pembaruan ini dimulai pada 12 April dan selesai di-update pada 25 April.

    Maret 2023 Core Update

    Google mengumumkan pembaruan algoritma inti lainnya yang dimulai pada 15 Maret dan selesai pada 28 Maret.

    Februari 2023 Product Reviews Update

    Pembaruan ini berfokus pada ulasan produk dan dimulai pada 21 Februari, selesai pada 18 Maret. Pembaruan ini berlaku untuk berbagai bahasa secara global, termasuk bahasa Inggris, Spanyol, Jerman, Prancis, Italia, Vietnam, Indonesia, Rusia, Belanda, Portugis, dan Polandia.

    Update Algoritma Tahun 2022

    Desember 2022 Link Spam Update (14 Desember 2022 – 12 Januari 2023)

    Pembaruan ini berfokus pada penanganan spam link dengan memanfaatkan “SpamBrain” untuk menetralisir dampak link yang terkesan hanya ‘spamming’ pada hasil pencarian.

    Desember 2022 Helpful Content Update (5 Desember 2022 – 12 Januari 2023)

    Pembaruan ini dirancang untuk menargetkan konten yang berguna bagi pengguna. Jadi pengguna Google akan lebih banyak diarahkan pada konten-konten yang lebih relevan.

    Oktober 2022 Spam Update (19 Oktober 2022 – 21 Oktober 2022)

    Pembaruan anti-spam ini dirilis untuk membantu memerangi spam dalam hasil pencarian.

    September 2022 Product Review dan Core Algorithm Update

    Pembaruan review produk dimulai pada 20 September dan selesai pada 26 September. Sedangkan, pembaruan Core Algorithm dimulai pada 12 September dan selesai pada 26 September.

    Agustus 2022 Helpful Content Update (25 Agustus 2022)

    Pembaruan ini dirancang untuk membantu para pembuat konten dalam menciptakan konten yang lebih relevan dan bermanfaat bagi pengguna sehingga bisa menjawab semua pertanyaan sesuai kebutuhan yang mereka cari.

    Juli 2022 Product Reviews Update (27 Juli 2022 – 2 Agustus 2022)

    Pembaruan ini berfokus pada ulasan produk dengan tujuan untuk membantu para penjual di e-commerce.

    Mei 2022 Core Update (22 Mei 2022 – 9 Juni 2022)

    Pembaruan Core ini merupakan bagian dari serangkaian pembaruan yang dilakukan Google untuk meningkatkan proses peringkat suatu website secara keseluruhan sepanjang tahun.

    Update Algoritma Tahun 2021

    Desember 2021 Product Review Update (1 Desember 2021)

    Pembaruan ini berfokus pada ulasan produk untuk halaman berbahasa Inggris dan diperkirakan memakan waktu tiga minggu untuk terselesaikan sepenuhnya.

    November 2021 Local Search Update (30 November 2021 – 8 Desember 2021)

    Pembaruan ini dimulai pada 30 November dan selesai pada 8 Desember, dengan fokus pada peningkatan peringkat pencarian lokal. Dalam update ini, Google juga menyarankan para pebisnis untuk meninjau tentang cara meningkatkan Local Ranking.

    November 2021 Broad Core Update (17 November 2021)

    Pembaruan Broad Core ini diumumkan melalui Twitter berdasarkan dokumentasi pada Webmaster yang dimiliki oleh setiap pemilik website. 

    November 2021 Google Spam Update (3 November 2021 – 11 November 2021)

    Pembaruan ini merupakan bagian dari upaya Google untuk meningkatkan hasil pencarian dengan mengurangi spam.

    Juli 2021 Google Link Spam Algorithm Update (26 Juli 2021)

    Pembaruan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menetralisir Link Spam, dengan peringatan khusus untuk situs yang terlibat dalam taktik spam tautan. Pembaruan ini di-update dalam waktu dua minggu dan akan berdampak pada berbagai website dengan beragam bahasa.

    Juli 2021 Core Update Completed (12 Juli 2021)

    Pembaruan Core Juli 2021 secara efektif selesai digulirkan pada tanggal 12 Juli. Tidak ada detail tambahan yang disediakan mengenai pembaruan ini.

    Juli 2021 Core Update (1 Juli 2021)

    Pembaruan inti ini diumumkan melalui Twitter dan memakan waktu satu hingga dua minggu untuk terselesaikan sepenuhnya.

    Juni 2021 Spam Update Part 2 (28 Juni 2021)

    Bagian kedua dari pembaruan spam diumumkan melalui Twitter dan selesai pada hari yang sama.

    Juni 2021 Spam Update (23 Juni 2021)

    Pembaruan ini ditargetkan untuk memerangi spam dalam hasil pencarian dan selesai pada hari yang sama dengan pengumumannya.

    Update Algoritma Google 2020

    December 2020 Core Update ini dirilis 3 Desember 2020

    May 2020 Core Update (4 Mei 2020)

    Core Update yang diumumkan oleh Danny Sullivan melalui Twitter dan dirilis sekitar 90 menit kemudian.

    Featured Snippet Deduplication (22 Januari 2020)

    Pembaruan ini mengubah bagaimana snippet ditampilkan di halaman hasil pencarian. Bahkan, saat itu Danny Sullivan mengonfirmasi lewat Twitter bahwa posisi Snippet ini mengalami perubahan yang signifikan sehingga hal ini sangat mempengaruhi pencarian pada Google.

    January 2020 Core Update (13 Januari 2020)

    Pembaruan Core lain yang diumumkan oleh Danny Sullivan melalui Twitter. 

    Update Algoritma Google 2019

    BERT (Worldwide) dan BERT Update (9 Desember 2019 dan 25 Oktober 2019)

    Penerapan model BERT untuk memahami query pencarian dengan lebih baik.

    Broad Core Algorithm Update (24 September 2019)

    Featured Snippets Update (1 Agustus 2019)

    Pembaruan pada snippet untuk menampilkan informasi terbaru.

    June 2019 Core Update (2 Juni 2019)

    Pembaruan Core Algorithm.

    March 2019 Core Update (a.k.a. Florida 2)** (12 Maret 2019)

    Pembaruan Core Algorithm secara global.

    Nah, itulah tadi beberapa perkembangan Algoritma Google dari tahun 2023 hingga 2019. Dengan beberapa kali update ini, setiap pemilik website bisa memprediksi dan mengatur strategi agar cara kerja Google bisa sejalan dengan website yang Anda miliki. Dengan begitu, website Anda bisa mendapatkan posisi yang bagus dalam pencarian Google. 

  • Bagikan:
  • Rekomendasi lainnya dari Digitalic

    Perusahaan Digital Marketing: Layanan dan Penawaran Jasa Iklan

    Perusahaan digital marketing saat ini menjadi strategi promosi bisnis di era digital. Dengan kemajuan teknologi...

    Anggaran Biaya Iklan di Google Ads dan Cara Menentukannya

    Menjalankan iklan menjadi salah satu aktivitas marketing yang umum dilakukan. Ini merupakan bagian dari penerapan...

    AIDA Framework: Apa Itu dan Fungsinya untuk SEO Content Writing

    AIDA Framework merupakan formula copywriting yang sangat efektif dan berfokus pada konsumen tertentu, pendekatan yang...
    Status code

    HTTP Status Code yang Perlu Dipahami SEO Specialist

    Tidak jarang ketika mengunjungi halaman website menemukan error dengan status code 404, 501, dan sebagainya....