SEO KPI: Manfaat SEO untuk Bisnis dan Targetnya

  • Bagikan:
  • Tahukah Anda apa target dari menggunakan SEO? Beberapa tahun terakhir ini, SEO menjadi sesuatu yang banyak dipelajari. Terutama jika Anda ingin mendalami dunia pemasaran. Search Engine Optimization atau SEO menjadi strategi yang sangat penting untuk dipelajari agar website Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian sehingga akan mendapatkan perhatian dari audiens. 

    Tentu saja ada banyak manfaat yang akan didapatkan jika mempelajari SEO lebih dalam. Salah satu manfaatnya yaitu bisa meningkatkan kualitas pemasaran yang diterapkan bisnis. Selain belajar SEO, Anda juga harus belajar SEO KPI. Lalu, apa target dari menggunakan SEO? Cari tahu jawaban lengkapnya dibawah ini.

    Apa Target dari Menggunakan SEO? 

    Memahami apa target dari menggunakan seo

    Sebenarnya apa target dari menggunakan seo?

    Jadi tujuan utama dari penggunaan SEO (Search Engine Optimization) adalah untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web atau konten Anda di hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya. Selain itu, penerapan SEO yang benar juga bisa memberikan manfaat lain seperti: 

    1. Meningkatkan Lalu Lintas Organik

    Salah satu target utama SEO adalah meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke situs web Anda melalui hasil pencarian organik (gratis). Dengan meningkatkan peringkat situs Anda di hasil pencarian, Anda dapat menarik lebih banyak traffic yang bisa menguntungkan website. 

    2. Meningkatkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)

    SEO dapat membantu Anda membangun kesadaran merek dengan membuat situs web Anda muncul di hasil pencarian untuk kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan Anda. Ini membantu memperkenalkan merek Anda kepada calon pelanggan.

    3. Meningkatkan Konversi

    Dengan memastikan bahwa halaman web Anda dioptimalkan dengan baik, termasuk penggunaan kata kunci yang tepat dan konten yang relevan, Anda dapat meningkatkan kemungkinan konversi. Seperti penjualan produk atau langganan layanan.

    4. Meningkatkan Kualitas Lalu Lintas

    SEO dapat membantu Anda menarik lalu lintas yang lebih relevan dan terkualifikasi, yang berarti bahwa pengunjung yang datang ke situs Anda lebih cenderung tertarik pada apa yang Anda tawarkan.

    5. Mengurangi Biaya Periklanan

    Dengan mencapai peringkat tinggi di hasil pencarian organik, Anda dapat mengurangi ketergantungan pada iklan berbayar, seperti iklan Google Ads. Ini dapat menghemat biaya periklanan jangka panjang.

    Nah, target SEO tersebut bisa diukur dengan memantau KPI atau Key Performance Indicator. 

    Apa Itu SEO KPI? 

    Seperti yang dilansir dari laman Dash Tish dalam postingannya yang berjudul “What are SEO KPIs“, SEO Key Performance Indicator atau SEO KPI merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk mengukur kinerja SEO dalam periode tertentu. SEO KPI sendiri terdiri dari organic traffic, session duration, conversion, ranking, backlink, index halaman, engagement rate dan return of Investment (ROI).

    Melalui Key Performance Indicator atau KPI, maka perusahaan atau bisnis bisa mengukur kinerja websitenya secara keseluruhan dengan lebih objective and key result. Dengan begini, perusahaan bisa mengevaluasi keberhasilan kampanye SEO yang dilakukan. Selain itu, juga membuat keputusan yang tepat berdasarkan data untuk meningkatkan hasilnya. 

    Manfaat SEO KPI untuk Bisnis

    Manfaat SEO KPI untuk Bisnis

    Berikut beberapa manfaat SEO KPI untuk bisnis yang harus diketahui:

    1. Menentukan Tujuan SEO yang Jelas

    Key Performance Indicator akan membantu dalam menetapkan tujuan yang jelas dan juga bisa diukur untuk kampanye SEO. Dengan Anda memiliki KPI yang spesifik, maka bisa lebih fokus untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Tentu saja ini bisa membantu mempercepat maupun meningkatkan efektivitas kampanye. 

    Tujuan SEO harus spesifik dan juga harus terukur. Tujuan yang seperti itu akan membantu Anda untuk lebih fokus dan lebih mudah dalam mengukur keberhasilannya. Selain itu, tujuan SEO harus relevan dengan bisnis yang Anda miliki.

    2. Memantau Kinerja

    Memantau kinerja kampanye secara reguler, maka Anda akan bisa melihat bagaimana performa kampanye SEO dari waktu ke waktu. Apabila ada penurunan performa ataupun masalah pada kampanye, Anda bisa segera mengetahuinya dan melakukan tindakan untuk segera memperbaikinya. 

    Key Performance Indicator (KPI) memungkinkan Anda untuk melacak perkembangan seiring waktu. Dengan memantau KPI secara berkala, Anda bisa melihat tren, baik itu peningkatan maupun penurunan serta mengambil tindakan yang diperlukan. 

    3. Memperbaiki Strategi SEO

    Manfaat SEO KPI berikutnya yaitu memperbaiki strategi SEO. SEO KPI ini memungkinkan Anda untuk melacak perkembangan seiring waktu. Dimana Anda bisa memantau KPI secara berkala sehingga bisa melihat tren yang terjadi, baik itu tren peningkatan maupun penurunan. Selain itu, juga bisa mengambil tindakan yang diperlukan.

    KPI ini juga bisa membantu Anda untuk melihat kinerja kampanye SEO dari berbagai sudut pandang, seperti tingkat konversi, jumlah pengunjung situs web, dan peringkat di mesin pencari. Data yang diberikan oleh KPI bisa digunakan untuk mengidentifikasi area yang membutuhkan perbaikan dan juga menyesuaikan strategi SEO dengan data yang diperoleh.

    Jenis-Jenis SEO KPI

    Jenis-Jenis SEO KPI

    Tidak hanya satu, ada beberapa jenis SEO KPI yang bisa digunakan, diantaranya adalah: 

    1. Organic Traffic

    Organic traffic adalah lintas pengunjung yang mengunjungi halaman website melalui aktivitas pencarian kata kunci di mesin pencarian. Trafik organik ini menjadi elemen paling penting dalam KPI karena merupakan tujuan dari SEO. 

    2. Conversion

    Conversion adalah nilai persentase yang digunakan sebagai alat pengukur dalam keberhasilan kampanye (campaign) pemasaran online oleh tim marketing. Cara mengukur conversion ini bisa menggunakan Google Analytics. Melalui tools tersebut maka Anda bisa dengan mudah untuk mengukur leads conversion sesuai dengan konversi yang sudah ditetapkan.

    3. Ranking

    Setelah menentukan kata kunci yang digunakan serta menempatkan strategi yang tepat, maka website akan berada di ranking teratas. Ranking pada mesin pencarian bisa membuktikan bahwasanya konten yang ada di dalam website Anda lebih baik dibandingkan dengan website kompetitor.

    4. Session Duration

    Session duration adalah durasi waktu yang pengunjung habiskan untuk mengunjungi website. Semakin lama waktu yang dihabiskan pengunjung website, maka semakin tinggi pula tingkat keterlibatannya terhadap konten dalam website. Hal ini menunjukkan jika konten dalam website tersebut relevan dengan kebutuhan pengguna. 

    5. Click Through Rate (CTR)

    Click Through Rate atau CTR adalah metrik SEO yang akan menampilkan persentase dari jumlah klik halaman website. CTR ini memiliki pengaruh yang besar dalam ranking website. 

    6. Bounce Rate

    Bounce rate merupakan matriks yang akan menghitung persentase seri pengguna saat memuat halaman kemudian langsung menutupnya tanpa melakukan aktivitas apapun di dalam website. 

    7. Core Web Vitals (CWV)

    Core Web Vitals memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap penilaian dari page experience. Dimana CWV ini akan membantu Anda dalam mengukur kenyamanan halaman website bagi audiens.

    8. Index Halaman

    Index halaman adalah suatu proses yang dilakukan oleh mesin pencari untuk memuat sebuah informasi dalam website. Mesin pencari tersebut akan mengidentifikasi apakah halaman pada website ditemukan plagiarisme dari website lainnya atau tidak. Proses ini juga akan menentukan rangking website pada Google.

    9. Engagement rate

    Engagement rate merupakan matriks yang berfungsi untuk mengukur banyaknya reaksi yang didapatkan oleh suatu konten dalam website. Matriks ini juga digunakan sebagai alat riset untuk mengetahui apa saja kebutuhan yang dicari audiens.

    10. Backlink

    Backlink merupakan link yang berada di dalam suatu website dan mengarahkannya pada website yang Ada miliki. Backlink ini juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi ranking website pada Google karena backlink bisa meningkatkan reputasi maupun kredibilitas website.

    11. Return of Investment (ROI)

    Return of investment merupakan rasio keuntungan dan kerugian dari investasi yang sudah dijalankan. ROI ini akan menunjukkan kesuksesan dalam bisnis. Adapun cara mengukur ROI yaitu dengan menentukan target yang ingin dicapai. Lalu ukur kinerjanya secara teratur pada target yang sudah ditentukan. Setelah itu, buat laporan peningkatan secara berkala. 

    Cara Menentukan Target SEO KPI

    Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menentukan target SEO KPI:

    • KPI harus relevan dengan tujuan bisnis atau marketing
    • Kaitkan KPI dengan fase bisnis perusahaan
    • Hanya fokus pada beberapa matriks utama saja

    Nah, sekarang Anda sudah tahu kan apa target dari menggunakan SEO? Pada dasarnya, SEO lebih dari sekedar meningkatkan visibilitas di mesin pencari saja. Karena ada banyak manfaat yang dapat bisnis dapatkan berkat adanya SEO. 

    Untuk memantau performa SEO, Anda harus memahami apa itu SEO KPI. Karena dengan indikator yang tepat, target menggunakan SEO bisa tercapai dengan lebih maksimal.

  • Bagikan:
  • Rekomendasi lainnya dari Digitalic

    Menjadi Blogger

    10 Keuntungan Menjadi Blogger

    Zaman demi zaman telah berubah drastis dari tahun ke tahun. Dahulu pada masa prasejarah. Manusia...
    Ilustrasi Google Ads

    Tutorial Cara Pasang Iklan di Google Ads (AdWords)

    Ingin mengiklankan bisnis Anda menggunakan layanan Google? Mau tahu bagaimana cara pasang iklan di Google...
    Organic Traffic

    What is Organic Traffic and How Can it Help Your Business?

    Organic traffic is the lifeblood of any online business. It's the traffic that comes to...
    Ilustrasi Google Search Console

    Understanding Average Position in Google Search Console

    In the realm of Search Engine Optimization (SEO), every metric counts. Among the most pivotal...