SEO Indonesia mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Ini karena semakin besarnya pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya mengembangkan bisnis dengan strategi SEO, khususnya dalam digital marketing.
SEO yang merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization dapat meningkatkan performa website untuk bisa berada di halaman teratas search engine. Timbal balik dari SEO yaitu trafik meningkat dan secara tidak langsung peluang penjualan ikut meningkat.
Oleh karena itu, SEO menjadi salah satu strategi yang beberapa tahun belakangan ini semakin populer. Di Indonesia sendiri sudah banyak ahli SEO yang senantiasa membantu bisnis untuk bisa berkembang dalam meningkatkan penjualan maupun membangun brand awareness.
Perkembangan SEO di Indonesia
Melansir dari laman Search Engine Journal dalam sebuah artikel yang berjudul “20+ Years of SEO: A Brief History of Search Engine Optimization“, penggunaan kata SEO dimulai dari pertengahan 1990an. Saat itu, pertama kali muncul search engine Yahoo yang dibuat oleh Jerry Wang dan David Filo. Hadirnya Yahoo menjadikan internet terus mengalami perkembangan.
Pada tahun 1996, Larry Page dan Sergey Brin menggunakan Google sebagai mesin pencari yang mampu memunculkan situs-situs populer. Hingga saat ini Google menjadi search engine yang paling banyak digunakan.
Dari kedua search engine tersebutlah muncul teknik optimasi website yang pada masa itu dikenal dengan Search Engine Watch. Danny Sullivan sebagai pencipta mengenalkan berbagai mengenai search engine dan teknik bagaimana sebuah website bisa mendapatkan ranking.
Selanjutnya Search Engine Optimization (SEO) berkembang di tahun 2000-an. Dalam masa perkembangannya banyak yang memanipulasi mesin pencari sehingga website bisa berada page one, sehingga Google sebagai mesin pencari menerapkan aturan-aturan terkait algoritma
Algoritma google terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Ini juga yang mempengaruhi perkembangan SEO Indonesia.
Misalnya dalam penyebaran “keyword” dalam artikel. Ada masa dimana keyword diletakkan dalam jumlah banyak pada sebuah artikel atau disebut juga sebagai keyword stuffing. Akan tetapi cara ini sudah tidak berlaku dan sebaiknya dihindari karena termasuk blackhat SEO.
Blackhat SEO akan berdampak buruk bagi website dan bisa mendapatkan penalti dari Google. Untuk itu, strategi SEO menyesuaikan dengan algoritma Google yang berlaku.
Trend SEO Indonesia
Perlu Anda catat bahwa algoritma google saat ini semakin canggih. Salah satu contoh dengan adanya perubahan PageRank yang dulu muncul peringkat halaman 1,2,3, dan seterusnya.
Saat ini sudah tidak ada lagi peringkat halaman berdasarkan angka. Walau begitu, peringkat halaman tetap berlaku, karena algoritma google tetap akan memunculkan website di halaman teratas berdasarkan ranking website.
Selain peringkat strategi SEO mencakup banyak hal, sehingga Anda harus memahami trends SEO di Indonesia saat ini. Berikut ini beberapa tren yang perlu Anda ketahui:
1. Frekuensi Crawling dan Indexing Google akan Berkurang
Untuk menampilkan situs website di mesin pencari maka robot akan melakukan crawling dan indexing. Akan tetapi, proses ini merupakan aktivitas komputasi yang menggunakan banyak daya listrik sehingga menciptakan banyak jejak karbon.
Search engine Google mulai mengurangi jejak karbon dalam berkontribusi terhadap Global Warming, salah satunya dengan mengurangi proses crawling dan proses indexing. Dengan pengurangan ini, website harus menggunakan strategi SEO yang tepat sesuai algoritma yang berlaku.
2. Core Web Vitals
Core Web Vitals adalah salah satu cara agar website mendapat ranking di SERP. Pada Core Web Vitals menampilkan berbagai metrix mengenai page experience dan user experience yang menunjukan konten dan tautan berkualitas tinggi.
Terdapat tiga metrix utama yaitu Cumulative Layout Shift (CLS), Largest Contentful Paint (LCP), dan First Input Delay (FID).
3. AI Content
Teknologi kecerdasan buatan AI mulai banyak digunakan sebagai salah satu penunjang dalam membuat konten SEO. Di era teknologi saat ini, praktisi SEO Indonesia tidak dapat tutup mata dengan adanya perkembangan yang dapat membantu pekerjaan menjadi lebih efisien.
4. Mobile SEO
Kehadiran smartphone menjadikan banyak orang lebih senang mengakses search engine melalui handphone. Dengan ini website harus memberikan pengalaman terbaik bagi audiens dengan membuat situs yang user friendly dan mobile friendly.
5. E-E-A-T
Google telah mengkonfirmasi bahwa akan memasukkan E-E-A-T pada setiap query. E-E-A-T adalah experience, expertise, authoritativeness, dan Trustworthiness, sebuah kriteria yang menunjukan kualitas konten.
Kriteria E-E-A-T meliputi kualitas tulisan, backlink, dan relevansi niche. Untuk itu, website konten sebaiknya dibuat berdasarkan niche atau tema website.
Trend diatas akan menjadi tantangan tersendiri untuk strategi SEO Indonesia. Terlebih dengan adanya perubahan algoritma yang membuat Anda harus banyak mencari informasi dan mempelajarinya dengan baik untuk menerapkan SEO yang tepat.
Tantangan SEO di Indonesia
SEO salah satu strategi yang tidak mudah karena ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan SEO. Terutama untuk bisa mendapatkan ranking SERP, konten berkualitas saja tidak cukup.
Beberapa faktor lainnya, seperti pemilihan keyword, backlink, struktur website, dan masih banyak lagi. Faktor tersebut menjadi tantangan yang cukup besar karena harus bersaing dengan website lainnya.
Berikut ini tantangan SEO di Indonesia untuk menjadi bahan acuan Anda dalam membuat strategi SEO:
1. Memahami SEO Secara Menyeluruh
Menjalankan SEO tidak bisa setengah-setengah, Ada harus memahami secara menyeluruh tindakan apa saja yang harus dilakukan dalam optimasi website dengan SEO. Konon tidak semua website cocok dengan strategi SEO yang sama.
Jadi, Anda harus memahami banyak ilmu SEO dan mengaplikasikannya hingga berhasil dan bisa menentukan strategi SEO yang tepat dan efektif. Misalnya optimasi website dengan SEO on-page, off-page, technical SEO, atau Local SEO.
2. Menentukan Kata Kunci
Memilih kata kunci yang tepat dengan melakukan riset berdasarkan volume pencarian. Volume pencarian akan menunjukan seberapa rendah persaingan dari setiap keyword. Selain itu, Anda juga harus memahami jenis keyword yang relevan.
3. Konten Tulisan SEO Friendly
Membuat konten tulisan SEO friendly sangat penting untuk menunjukkan kualitas. Tulisan dengan SEO Friendly juga disukai search engine sehingga bisa menambah penilaian untuk mendapatkan ranking SERP.
4. Konsisten
Tantangan yang cukup besar bagi sebagian pemilik website yaitu konsisten melakukan optimasi SEO. Sejatinya SEO bukanlah jalan cepat untuk mendapatkan peringkat SERP, tetapi perlu tahapan dan perbaikan secara berkala.
Hal tersebut untuk menyesuaikan dengan algoritma yang terus berkembang. Bisa saja SEO yang diterapkan sebelumnya sudah tidak efektif, sehingga wajar jika trafik kembali turun atau konten menghilang dari search engine.
Penutup
SEO Indonesia membantu website untuk bisa mendapatkan ranking dari SERP, sehingga bisa berada di halaman teratas pencarian. Tujuannya untuk meningkatkan trafik, meningkatkan penjualan bisnis, dan membangun brand awareness.
Dalam mencapai itu semua, harus memahami perubahan algoritma google dan mengikuti trend yang sedang berkembang untuk melakukan optimasi SEO yang tepat. Selain itu, harus bisa menerjang tantangan dalam dunia SEO yang kompleks.