Strategi SEO melibatkan berbagai teknik yang terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu mengikuti perubahan algoritma search engine. Google sebagai mesin pencari terbaik terus melakukan pengembangan pada teknologi algoritma.
Itulah mengapa strategi SEO hari ini belum tentu cocok untuk strategi di masa mendatang. Perubahan algoritma membuat teknik SEO harus mampu menerapkan berbagai pendekatan sehingga dalam melakukan optimasi membuahkan hasil terbaik.
Pengertian Strategi SEO
Melansir dari laman SEMRush.com dalam artikelnya yang berjudul “SEO Strategy: How to Create One for 2023 (+ Template)“, strategi SEO adalah sebuah proses dalam merancang strategi dalam membuat konten dan mengoptimalkan website agar mendapatkan ranking di SERP dan muncul di search engine. proses atau strategi yang dibuat untuk memaksimalkan peluang mendapatkan trafik organik.
Hal tersebut karena ketika website berada di search engine, terutama berada di bagian pertama pencarian maka akan mendatangkan lebih banyak trafik organik. Pada dasarnya audiens akan klik tautan atau website yang muncul di halaman teratas.
Semakin banyak konten website berada di halaman paling atas maka lalu lintas trafik organik akan semakin baik. Namun, strategi Seo tidak berhenti sampai di sana, perlu optimasi konten secara keseluruhan agar audiens melakukan aktivitas lain.
Misalnya klik tautan pada konten artikel yang dikunjungi. Mengunjungi artikel lain di halaman website, sehingga perlu membuat konten yang menarik. Lalu, didukung juga dengan struktur website yang user-friendly.
Adanya navigasi pencarian, tata letak yang rapi, tercantum menu yang berisi kategori, about, dan sebagainya. Dalam hal teknik juga jangan sampai terlewatkan, seperti kecepatan atau loading website.
Pada intinya strategi SEO mencakup keseluruhan dalam melakukan optimasi website. Tujuannya untuk memberi tahu pada search engine bahwa website memiliki kualitas yang baik dalam berbagai aspek.
Langkah-langkah membuat strategi SEO
Dalam membuat strategi SEO dapat Anda mual dengan membuat konten yang menarik, audit website, optimasi landing page, dan hindari keyword stuffing. Untuk lebih detailnya, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.
1. Membuat Konten SEO-Friendly
Buat konten yang SEO-friendly agar memiliki [peluang besar ditemukan oleh search engine saat melakukan crawling dan berhasil di index. Selain itu bisa mendapatkan rangking terbaik di SERP.
Konten yang SEO-friendly mengandung kata kunci relevan, adanya heading dan subheading, memiliki meta deskripsi, judul yang menarik dan mengandung kata kunci, serta mencantumkan media gambar atau video. Selain itu, konten harus informatif.
2. Riset Kata Kunci
Kata kunci sangat penting untuk mudah ditemukan search engine, akan tetapi dalam memilih keyword tidak bisa sembarangan. Pilih keyword yang memiliki volume pencaran tinggi, relevan dengan konten dan memahami jenis-jenis keyword.
3. Mencantumkan Internal dan External Link
Internal dan external link sangat penting dalam membuat konten yang SEO-friendly. Internal link untuk mengarahkan audiens ke halaman lain di dalam website, sedangkan external link mengarahkan audiens untuk klik tautan ke website lain.
4. Membuat Konten Original
Konten yang baik yaitu konten original, baru, dan bisa memberikan pengetahuan yang lebih segar kepada audiens. Akan lebih baik jika konten belum dibahas oleh situs lain, sehingga audiens akan berkunjung kembali untuk mendapatkan informasi lain.
5. Hindari Keyword Stuffing
Keyword penting agar konten bisa muncul di search engine, akan tetapi harus menghindari penempatan keyword secara berlebihan. Masukkan kata kunci utama sewajarnya saja, untuk mengoptimalkan konten bisa menggunakan keyword turunan atau LSI.
6. Buat Landing Page
Pada website bisnis landing page penting untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen. Untuk itu, buat dan optimalkan landing page agar menarik perhatian konsumen dan berisi informasi secara detail mengenai produk atau jasa.
7. Link Building
SEO terbagi atas beberapa jenis yaitu SEO on-page, SEO off-page, technical SEO, dan Local SEO. Dalam SEO off-page fokus dalam membangu link building untuk mendapatkan backlink dari website lain yang kredibel. Backlink menjadi salah satu faktor dalam mendapatkan ranking di SERP.
Tips untuk Membuat Strategi SEO yang Efektif
Tujuan dari SEO yaitu mengoptimalkan website untuk mendapatkan ranking di search engine. Setelah mendapatkan ranking maka tarfik akan meningkat, sehingga cocok untuk mengembangkan bisnis.
Agar proses pembuatan strategi berjalan dengan efektif maka pahami beberapa tips, karen SEO dilakukan dengan pendekatan yang komprehensif dengan tiga komponen utama. Komponen tersebut meliputi ranking, konten berkualitas tinggi, dan measurement (pengukuran).
1. Ranking
Ranking website didapat dari berbagai faktor dan bagaimana memahami algoritma search engine dalam melakukan crawling, indexing, hingga memberikan peringkat. Secara umum ranking dinilai berdasarkan konten berkualitas dan performa website yang baik.
Berikut tips mendapatkan ranking SERP:
- Rutin update konten berkualitas
- Menempatkan kata kunci dengan strategi yang tepat
- Fokus pada konten yang SEO-friendly
- Memperbarui peta situs dan mengirimkannya ke Google Search Console
- Mencantumkan tautan berkualitas dan relevan
2. Membuat Konten Berkualitas Tinggi
Semakin hari algoritma Gogle semakin canggih, sehingga dapat mengetahui konten yang berkualitas dan tidak. Konten berkualitas yaitu unik, original, tidak plagiat, dan informatif dengan tidak hanya berisi tulisan saja tetapi mencantumkan gambar atau video.
3. Measurements (Pengukuran)
Lakukan analisa pengukuran website dan setiap konten menggunakan alat khusus. Pengukuran penting untuk melacak ranking website, traffic, spam score, rasio klik-tayang, dan masih banyak lagi.
Kesalahan Umum dalam Membuat Strategi SEO
Hati-hati saat membuat merancang SEO untuk tidak melakukan kesalahan yang fatal. Strategi yang salah bisa membuat konten sulit ditemukan search engine dan kabar buruknya mendapatkan penalti dengan penghapusan website.
Berikut ini beberapa kesalahan umum SEO yang banyak dilakukan.
- Pemilihan kata kunci yang salah karena tidak melakukan riset mendalam.
- Keyword stuffing yang membuat konten menjadi tidak berkualitas.
- Konten plagiat
- Loading website lama
- Backlink tidak berkualitas dan tidak relevan dengan niche website
- Mengabaikan SEO on-page
- Tidak Mobile friendly
- Melakukan praktik Black Hat SEO
- Tidak melakukan evaluasi atau audit website
Contoh Strategi SEO untuk Berbagai Jenis Bisnis
Pembahasan di atas bisa dilakukan untuk strategi SEO dalam mengembangkan bisnis. Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah yang tepat, seperti beberapa contoh strategi di bawah ini.
- Membuat website yang user-friendly dan mobile friendly
- Buat konten berkualitas dengan pemilihan kata kunci yang relevan
- Sematkan media gambar, foto, video, atau infografis pada setiap konten
- Analisa website kompetitor
- Perhatikan Technical SEO dan Local SEO
- Lakukan Call-to-Action untuk mendorong audiens melakukan perintah yang diinginkan
Demikian strategi SEO untuk bisnis. Terpenting buat strategi efektif yang menguntungkan dan mudah untuk search engine temukan sehingga peluang besar mendapatkan ranking website semakin besar.