Frequently Asked Question adalah sebuah halaman yang memuat beberapa pertanyaan umum terhadap pelayanan suatu bisnis. Pertanyaan yang disediakan pemilik bisnis akan berisi jawaban-jawaban yang dibutuhkan.

Untuk itu, pada website bisnis penting untuk memiliki halaman khusus mengenai FAQ. Bahkan tidak sekedar layanan saja, bisa juga memuat tentang produk, aplikasi, dan sebagainya. 

Apa Itu FAQ?

Kepanjangan FAQ yaitu Frequently Asked Question yang merupakan bagian penting dalam sebuah website. Ini karena, FAQ membantu pelanggan dalam menemukan informasi lebih detail dengan mudah. 

FAQ juga berisi mengenai pemecahan masalah yang berisi berbagai solusi agar konsumen dapat dengan mudah memecahkan masalahnya. Dengan adanya FAQ akan memberikan nilai positif terhadap bisnis Anda untuk terus berkembang. 

Fungsi Frequently Asked Question

Halaman FAQ website wajib ada karena dapat membantu bisnis untuk bisa berkembang. Hal tersebut adanya timbal balik positif dari pelanggan dan dapat meningkatkan trafik website di search engine karena mendukung penggunaan SEO. 

Berikut ini beberapa fungsi frequently asked question, yaitu:

1. Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan

Ketika pelanggan mengunjungi website maka akan membutuhkan berbagai informasi tambahan yang lebih detail. Itulah mengapa penting adanya FAQ untuk memudahkan pelanggan dalam menemukan detail informasi yang mereka butuhkan. 

2. Menyediakan Jawaban Terhadap Pertanyaan General

Frequently asked question akan memuat berbagai pertanyaan general yang konsumen tanyakan. Pertanyaan-pertanyaan dibuat dengan jawaban yang terperinci sehingga pelanggan mendapatkan jawaban dengan cepat dan mudah. 

3. Menghemat Waktu

Adanya FAQ dapat menghemat waktu pelanggan menemukan berbagai informasi dengan mudah dan cepat. Dan jika website bisnis menyediakan interaksi langsung melalui chat box, maka dapat fokus kepada pertanyaan yang lebih kompleks. 

4. Mengoptimalkan SEO

Frequently Asked Question dibuat pada satu halaman khusus, namun tetap harus dioptimalkan menggunakan SEO. Misalnya dalam penggunaan keyword (kata kunci) yang relevan dan memungkinkan pengguna klik ketika mencari di search engine. 

Keuntungan menggunakan keyword yang sesuai dengan target audiens dapat meningkatkan trafik dan ranking website. Pada sebuah studi yang dilakukan oleh situs Ahrefs, bahwa FAQ bisa menjadi bagian cuplikan unggulan Google, karena kueri penelusuran mencapai 12.3%. 

5. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Sebagian besar pelanggan akan mencari solusinya sendiri sebelum menanyakan lebih detail mengenai informasi layanan, produk, maupun penggunaan aplikasi. FAQ inilah yang menjadi jembatan untuk setiap informasi yang mereka butuhkan. 

Semakin banyak FAQ yang tersedia dan memberikan jawaban yang terperinci maka akan meningkatkan pengalaman pengguna yang baik. Pelanggan akan merasa puas dan senang karena tidak perlu repot menelusuri setiap halaman yang akan memakan banyak waktu. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat FAQ 

Membuat FAQ tidak sekedar menyajikan pertanyaan dan jawaban saja, tetapi ada beberapa konsep yang perlu diperhatikan. Ini juga dapat membantu dalam mengoptimalkan SEO dengan memahami hal berikut ini:

1. Cakupan Konten

Cakupan konten berisi pertanyaan dan jawaban singkat. Akan tetapi, bisa juga memuat jawaban yang lebih terperinci, misalnya untuk memecahkan suatu masalah yang umum terjadi, panduan tutorial, dan sebagainya. 

2. Struktur

Struktur FAQ berbeda dengan pembuatan artikel pada umumnya, karena fokus pada pertanyaan layanan pelanggan. Namun tetap terstruktur dengan mencantumkan topik dan subtopik. 

Misalnya beberapa pertanyaan FAQ website yang umum ditanyakan pelanggan:

  • Bagaimana cara melakukan pesanan?
  • Bagaimana cara melacak pesanan?
  • Bagaimana cara mengajukan refund?
  • Kapan dana akan dikembalikan?
  • Bagaimana cara menghubungi customer service?

Sedangkan untuk contoh faq aplikasi, berikut pertanyaan yang sering muncul:

  • Bagaimana cara memulihkan akun yang terblokir?
  • Bagaimana cara menghapus akun?
  • Bagaimana cara mengganti password akun?

3. Tujuan

Pahami apa tujuan menyediakan halaman FAQ. Ini untuk memudahkan dalam menyajikan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin pelanggan tanyakan. Pastikan memuat jawaban atau solusi yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. 

Cara Membuat Frequently Asked Question

Pelajari panduan membuat FAQ pada pembahasan di atas agar lebih efektif dan efisien. Selanjutnya lakukan langkah-langkah dalam membuat Frequently Asked Question.

1. Kumpulkan Semua Pertanyaan

Kumpulkan sebanyak mungkin pertanyaan umum yang sering ditanyakan pelanggan. Perlu dicatat untuk pertanyaan jangan berpegang pada asumsi perusahaan, melainkan harus melakukan riset terlebih dahulu. 

Lakukan riset dari berbagai situs atau aplikasi yang memiliki halaman FAQ. Bisa juga melakukan survey pada pelanggan untuk memudahkan dalam membuat pertanyaan yang tepat dan kemungkinan ditanyakan pelanggan. 

2. Susun Pertanyaan Dalam Beberapa Kategori

Setelah mengumpulkan pertanyaan, selanjutnya Anda perlu menyusun dan membagi pertanyaan ke dalam beberapa kategori. Satukan pertanyaan pada kategori yang sejenis, karena bisa saja beda pertanyaan namun memiliki jawaban yang tidak jauh berbeda. 

3. Jawaban Jelas dan Padat

Jawaban dalam FAQ harus dibuat dengan jelas dan ringkas. Jangan sampai pertanyaan berisi jawaban yang bertele-tele dan membuat pelanggan bingung. Pada dasarnya FAQ dibuat untuk memudahkan pelanggan. 

4. Perbarui FAQ

Penting untuk melakukan pembaharuan terhadap FAQ website. Lakukan analisa secara berkala, apakah ada pertanyaan yang perlu dioptimalkan atau perlu pertanyaan tambahan dengan adanya tambahan jasa atau produk. 

Kesimpulan

Frequently Asked Question (FAQ) wajib ada pada website bisnis. Begitu juga dengan aplikasi karena dapat membantu pelanggan dalam mencari informasi yang dibutuhkan. 

Manfaat dari FAQ dapat meningkatkan kepuasan, kepercayaan, dan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Selain itu, dapat meningkatkan trafik website dan mendapatkan ranking terbaik di search engine. 

Oleh sebab itu, buatlah halaman FAQ yang tidak hanya mampu memberikan solusi terhadap pertanyaan pelanggan. Pastikan FAQ mudah untuk pelanggan pahami dengan jawaban yang jelas dan ringkas.