Selain halaman artikel, landing page juga jadi pilihan yang populer digunakan untuk keperluan bisnis. Khususnya bisnis yang memanfaatkan website sebagai media promosi produk atau layanan yang ditawarkan. Adanya halaman ini membuat kita leluasa menjelaskan tentang produk serta mengarahkan konsumen melakukan pembelian.
Tak hanya untuk menjelaskan produk atau layanan, landing page juga bisa dibuat sebagai halaman profile company, personal branding dan masih banyak lagi. Ada banyak cara untuk memaksimalkan halaman ini. Tapi sebelum itu, mari kita bahas apa itu landing page.
Apa Itu Landing Page?
Melansir dari laman SEMRush dalam artikelnya yang berjudul “What Is a Landing Page? Landing Page Examples + Guide“, landing page adalah sebuah halaman pada website yang dibuat untuk tujuan tertentu. Umumnya halaman ini digunakan untuk tujuan marketing. Maka tak heran bila halaman ini lebih sering dipakai untuk memuat informasi tentang produk atau layanan.
Landing page biasanya terdiri dari satu halaman yang memuat banyak informasi. Dalam halaman tersebut, kita bisa menyematkan berbagai informasi, seperti nama produk, spesifikasi, review pelanggan hingga call to action yang mengarahkan pengunjung melakukan tindakan, terutama pembelian.
Halaman landing ini tentu berbeda dengan homepage. Homepage merupakan halaman utama sebuah website, memuat informasi secara umum dan lebih variatif. Sedangkan landing page adalah satu halaman penuh yang berikan informasi spesifik tentang produk atau layanan.
Manfaat Landing Page untuk Bisnis
Selain berguna sebagai media informasi yang spesifik, terdapat beberapa manfaat halaman landing untuk bisnis yang bisa Anda rasakan, seperti:
1. Media Promosi Digital
Halaman landing dibuat dengan berbagai tujuan, salah satunya sebagai media promosi digital. Dalam satu halaman, kita bisa memuat lebih banyak informasi yang spesifik terhadap suatu produk atau layanan. Konsumen juga bisa lebih mengenal bisnis kita lebih dalam. Apalagi kita juga bisa menyematkan link pembelian atau nomor customer service pada halaman tersebut.
2. Meningkatkan Penjualan
Bagi sebagian orang, melakukan pembelian secara langsung melalui website official memberikan rasa aman. Ditambah dengan informasi yang lebih lengkap dan jelas dibandingkan tempat lain. Hal-hal tersebut akan membuat rasa percaya terhadap produk meningkat, dan mengurangi keraguan dalam mengambil keputusan melakukan pembelian.
3. Mengumpulkan Data Pelanggan
Karena dibuat untuk tujuan marketing, kita bisa melakukan beberapa hal di dalam landing page. Termasuk mengumpulkan data pelanggan. Salah satu cara yang umum dilakukan yaitu dengan menyedia formulir pemesanan pada halaman produk. Data tersebut nantinya bisa dikembangkan untuk memberikan penawaran secara langsung kepada pelanggan.
4. Penjelasan Produk dan Layanan
Seperti yang sempat dibahas, landing page dapat dimanfaatkan sebagai media promosi yang informatif, yaitu menjelaskan produk atau layanan secara lengkap. Dengan adanya halaman ini konsumen bisa dengan mudah memahami produk yang ditawarkan, dan bisa langsung mengambil keputusan dalam melakukan pembelian saat itu juga.
Jenis-jenis Landing Page
Secara umum, landing page terbagi dalam dua jenis, yaitu:
1. Lead Generation
Jenis halaman ini ditujukan untuk mengumpulkan data pengguna. Ciri umum yang terdapat pada halaman ini yakni adanya form yang dapat diisi, dan tombol yang akan mengarahkan pengguna melakukan tindakan tertentu, seperti membuat akun, melakukan pemesanan dan lain-lain.
2. Click-through
Halaman ini secara khusus dibuat untuk mendatangkan penjualan. Adanya tombol CTA (Call to Action) jadi salah satu cirinya. Pengunjung akan diberikan informasi yang lengkap mengenai sebuah produk atau layanan, kemudian diarahkan untuk melakukan pemesanan atau bertanya melalui customer service.
3. Kriteria Landing Page SEO Friendly
Karena ditujukan untuk keperluan marketing, maka sebuah landing page haruslah SEO friendly. Berikut beberapa kriteria landing page SEO friendly yang harus diperhatikan, yaitu:
- Memiliki tujuan yang jelas.
- Membuat penjelasan yang informatif.
- Kecepatan loading yang bagus.
- Mobile friendly dan responsif.
- Mengandung kata kunci.
- Memiliki Call To Action yang jelas.
- Tidak membingungkan pelanggan.
Cara Membuat Landing Page SEO Friendly
Berikut cara membuat landing page SEO friendly yang bisa Anda terapkan, yakni:
1. Gunakan Domain Utama
Agar menghemat waktu dan biaya, ada baiknya untuk mempertimbangkan membuatnya dengan domain utama. Bila Anda memiliki banyak produk atau layanan, Anda cukup membuatnya pada halaman terpisah, namun tetap dengan domain utama yang Anda miliki.
2. Tentukan kata Kunci (Keyword)
Sebelum membuat landing page, pastikan Anda telah memiliki kata kunci (keyword) yang akan digunakan. Masukkan kata kunci tersebut ke halaman yang dibuat. Anda bisa menyisipkannya pada judul halaman, deskripsi produk, gambar dan beberapa tempat lainnya. Usahakan untuk menggunakan keyword dengan bijak, dan ditempatkan secara natural di dalam halaman tersebut.
3. Berikan Konten yang Informatif
Agar pelanggan lebih mudah memahami produk Anda, berikan informasi yang lengkap mengenai produk atau layanan tersebut. Pastikan Anda memberikan keterangan produk dengan lengkap. Itu akan sangat membantu pelanggan dalam mengambil keputusan.
4. Maksimalkan Kecepatan Halaman
Pastikan halaman Anda bisa dibuka dengan cepat. Anda bisa menggunakan hosting yang bagus, mengurangi fitur yang tidak diperlukan dan menggunakan konten dengan ukuran file kecil. Itu akan mempercepat load speed halaman Anda.
5. Halaman yang Responsif
Pengguna tentunya datang melalui perangkat yang beragam. Maka pastikan website Anda memiliki desain yang responsif, terutama bila dibuka menggunakan handphone atau tablet.
6. Berikan Backlink
Agar landing page mendapatkan posisi terbaik di pencarian, Anda bisa menambahkan backlink pada halaman tersebut. Adanya backlink yang berkualitas, akan memudahkan halaman tersebut untuk berada di posisi teratas dalam hasil pencarian.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kini Anda sudah siap untuk membuat landing page yang SEO friendly. Halaman yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis, produk maupun layanan yang Anda miliki, serta membuatnya mudah ditemukan oleh pelanggan.