SEO Meta Description: Berapa Jumlah Karakter Maksimum?

  • Bagikan:
  • Search Engine Optimization (SEO) adalah kunci penting agar website Anda ‘terlihat’ dalam mesin pencari. Salah satu hal yang paling penting di SEO adalah Meta Description. Adanya SEO Meta Description, akan membantu mesin pencari untuk memahami secara singkat isi artikel dalam sebuah website. Tak hanya itu, ia juga berperan penting untuk menarik perhatian pembaca untuk mengklik dan membaca konten yang ditawarkan. 

    Nah, untuk bisa mendapatkan dua hal tadi, Anda perlu strategi jitu untuk membuat Meta Description, salah satunya adalah menentukan jumlah karakter yang akan dimasukkan ke dalam Meta Description. Namun, kemudian muncul pertanyaan, jumlah karakter maksimum untuk meta description SEO? 

    Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami mencoba membahasnya melalui artikel ini. Di sini, kita akan menggali lebih dalam mengenai rekomendasi panjang karakter dari berbagai sumber terpercaya, dan bagaimana cara efektif memanfaatkan ruang tersebut untuk menarik lebih banyak trafik ke website Anda.

    Apa Itu Meta Description?

    Meta Description adalah elemen HTML yang memberikan ringkasan singkat tentang konten pada halaman web. Biasanya, SEO Meta Description ini ditampilkan pada halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP) di bagian bawah judul halaman. Gunanya adalah membantu pembaca mendapatkan gambaran isi konten yang ada di website sebelum akhirnya ia memutuskan untuk mengkliknya. 

    Maka dari itu, menulis Meta Description haruslah ‘menjual’ karena dianggap sebagai salah satu strategi digital marketing dalam upaya meningkatkan trafik organik. Namun, untuk membuat Meta Description yang menarik itu terbatas pada 150 – 160 karakter saja. Jadi, pastikan Meta Description-nya dibuat dengan singkat, jelas, padat, dan menarik.

    Berapa Rekomendasi Panjang SEO Meta Description Resmi dari Google?

    Google merekomendasikan agar panjang SEO Meta Description yang dibuat oleh pemilik website berada dalam rentang 150-160 karakter. Karakter tambahan di luar rentang ini biasanya akan terpotong saat ditampilkan pada sistem pencarian. 

    Rekomendasi ini juga didukung oleh sumber lain yang menyebutkan rentang karakter yang sama, yaitu 150-160 karakter, sebagai panjang ideal untuk Meta Description. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa Meta Description secara teknis bisa ditulis panjang apa pun, tetapi Google umumnya akan memotong snippet menjadi sekitar 155-160 karakter. 

    Meskipun ada studi lain juga yang menunjukkan bahwa panjang ideal SEO Meta Description untuk hasil pencarian mobile Google adalah antara 180 dan 220 karakter (Reliablesoft), namun rekomendasi resmi dari Google tetap menyarankan untuk menjaga panjang karakter antara 150-160 karakter. 

    Dari beberapa sumber tadi, kita bisa simpulkan bahwa ada fleksibilitas dalam panjang Meta Description, namun lebih amannya adalah mengikuti saran Google, untuk mencegah pemotongan teks dan memastikan informasi penting disampaikan dengan jelas kepada pembaca.

    Cara Mengukur Panjang Meta Description

    Berdasarkan penjelasan singkat dari akun LinkedIn Jarot Triguritno sebagai salah satu profesional yang berkecimpung di dunia SEO, mengatakan bahwa SEO Meta Description lebih tepat diukur berdasarkan pixel daripada jumlah karakter. Pasalnya, ada huruf-huruf tertentu yang membutuhkan lebih banyak pixel daripada yang lain. 

    Sebagai contoh, huruf ‘o’ akan memakan lebih banyak pixel dibandingkan dengan huruf ‘i’. Oleh karena itu, Meta Description bisa terpotong pada Google SERP (Search Engine Result Page) bahkan jika belum mencapai batas karakter yang sering disarankan, yaitu 156 atau 160 karakter.

    Untuk mengukur panjang SEO Meta Description dengan lebih akurat, disarankan untuk menggunakan simulator SERP (Search Engine Result Page) yang menghitung jumlah pixel bukan sekedar menghitung jumlah karakter saja. Salah satu simulator SERP yang disarankan adalah Mangools.

    Selain itu, untuk pengguna WordPress, bisa gunakan plugin RankMath. Itu adalah salah satu alat yang berguna karena dapat menghitung jumlah pixel dari Meta Description, bukan hanya jumlah karakter.

    Jadi, dalam praktiknya, mengukur panjang Meta Description berdasarkan jumlah pixel akan memberikan gambaran yang lebih akurat mengenai bagaimana deskripsi tersebut akan ditampilkan di hasil pencarian Google. Apabila kita berfokus pada jumlah pixel maka akan memastikan bahwa informasi penting dalam Meta Description Anda tidak terpotong dan tetap terlihat oleh para pembaca.

    Tips Penulisan Meta Description Efektif

    Agar Anda bisa mendapatkan Meta Description di SEO yang tepat dan mendapatkan jumlah karakter Meta Description SEO yang sesuai, bisa ikut beberapa tips penulisan Meta Description berikut ini:

    1. Menjaga Panjang Karakter

    Idealnya, panjang SEO Meta Description harus berada dalam kisaran 150-160 karakter agar tidak terpotong di hasil pencarian. Jangan lupa, Anda juga harus memastikan dan mengetahui batas karakternya, sebaiknya ikuti saran dari Google dan juga perhatikan besaran pikselnya untuk mendapatkan Meta Description yang pas untuk SEO

    2. Menggunakan Kata Kunci yang Relevan

    Selain jumlah karakter maksimum Meta Description di SEO, penting juga untuk memasukkan kata kunci yang relevan dalam Meta Description. Hal ini bisa meningkatkan relevansi website pada hasil pencarian. Saran kami, hindari juga kata kunci yang berlebihan, dan gunakan bahasa yang ‘memandu’ pembaca agar mengetahui gambaran artikelnya secara umum.

    3. Tulislah dengan Bahasa yang Unik dan Menarik

    Tujuan adanya Meta Description adalah menarik pembaca untuk mengunjungi atau mengklik website kita. Untuk itu, disarankan pakai bahasa yang menarik, unik, dan jelas. Jangan terlalu bertele-tele, buat menjadi bahasa yang singkat, jelas, dan padat. Perhatikan kualitas penulisannya juga agar tidak ada salah ketik atau typo.

    Jika website Anda memiliki ‘jargon’ atau panggilan khusus, gunakan hal itu untuk dimasukkan ke dalam Meta Description. Dengan begitu, pembaca bisa melihat uniqueness dari website Anda sehingga mereka penasaran ingin mengunjungi dan membaca artikelnya.

    4. Berikan Call-to-Action

    Call-to-Action juga bisa dimasukkan ke dalam Meta Description. Ini merupakan sebuah frasa yang mengajak pembaca untuk mengunjungi artikel atau website, misalnya “baca lebih lanjut,” “cek sekarang,” “Yuk, simak!” dan lain-lain. Pokoknya, pastikan Anda membuat kalimat ajakan yang bikin pembaca penasaran.

    5. Mengikuti Formula AIDA

    Anda juga bisa membuat Meta Description dengan formula AIDA. Formula AIDA sendiri terdiri dari empat langkah: perhatian, minat, keinginan, dan aksi. Mulai dengan menarik perhatian pembaca, maka mereka akan berminat dan berkeinginan untuk membacanya. Jika sudah begitu, mereka akan melakukan ‘aksi’ dengan klik website Anda. 

    6. Menyediakan Solusi

    Usahakan, buatlah SEO Meta Description yang memberikan solusi untuk pembaca. Biasanya pembaca mencari sesuatu di internet karena penasaran atau membutuhkan suatu jawaban. Nah, pastikan Meta Description yang Anda buat bisa memberikan jawabannya sehingga mereka percaya bahwa isi konten di website Anda memiliki jawaban yang dicari oleh pembaca.

    Itulah jumlah karakter maksimum SEO Meta Description yang bisa Anda simak. Mengingat peranannya yang sangat penting, adanya Meta Desc ini memang harus dibuat dengan benar sesuai rekomendasi dari Google. Dengan begitu, Anda bisa melakukan optimasi SEO dengan lebih maksimal. 

    Kategori Artikel:
  • Bagikan:
  • Rekomendasi lainnya dari Digitalic

    Perusahaan Digital Marketing: Layanan dan Penawaran Jasa Iklan

    Perusahaan digital marketing saat ini menjadi strategi promosi bisnis di era digital. Dengan kemajuan teknologi...

    Anggaran Biaya Iklan di Google Ads dan Cara Menentukannya

    Menjalankan iklan menjadi salah satu aktivitas marketing yang umum dilakukan. Ini merupakan bagian dari penerapan...

    AIDA Framework: Apa Itu dan Fungsinya untuk SEO Content Writing

    AIDA Framework merupakan formula copywriting yang sangat efektif dan berfokus pada konsumen tertentu, pendekatan yang...
    Status code

    HTTP Status Code yang Perlu Dipahami SEO Specialist

    Tidak jarang ketika mengunjungi halaman website menemukan error dengan status code 404, 501, dan sebagainya....