Meningkatkan performa website dengan SEO (Search Engine Optimization) terbilang rumit. Sebab ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dimaksimalkan dengan baik. Meski begitu, mengerjakan SEO merupakan hal yang menantang, terutama bagi yang mengandalkan website untuk keperluan bisnis. Penggunaan SEO Tools sangat disarankan dalam pengerjaan SEO. 

Karena selain menghemat banyak waktu, SEO tools yang populer di Indonesia pun memudahkan kita dalam menganalisa website dan memahami data. 

Apa Itu SEO Tools?

Apa Itu Tools SEO

Tools SEO merupakan alat yang digunakan untuk melakukan optimasi SEO pada website. Mulai dari melakukan riset, menganalisa hingga proses monitoring dari optimasi yang telah dilakukan pada website.

Ada banyak peralatan SEO yang bisa digunakan sesuai tujuan dan kebutuhan. Beberapa tools juga tersedia dalam versi maupun berbayar. Sehingga bisa mengalami keterbatasan budget, kita tetap bisa melakukan praktis SEO secara maksimal.

Kenapa Tools SEO Penting?

Sebagian orang mungkin hanya melihat tools SEO sebagai jalan pintas untuk melakukan optimasi. Namun sebenarnya, ada alasan lain yang membuat kita perlu menggunakan tools SEO dalam mengelola website. Menurut penjelasan Search Engine Journal pada “6 Brilliant Reasons Why You Should Use SEO Tools”, salah satu alasan memakai tools SEO adalah untuk menghemat waktu dan biaya. Tools SEO juga dianggap dapat memberikan hasil yang sama proses website audit, dan bahkan bisa memberikan hasil yang lebih baik.

Beberapa alasan lainnya yang membuat penggunaan SEO tools penting yaitu:

1. Memudahkan Analisa Kompetitor

Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu ingin lebih unggul dibanding kompetitor. Untuk itu, kita perlu mengetahui apa yang dilakukan oleh kompetitor pada website mereka. Dengan bantuan SEO tools, kita bisa mengetahui berbagai informasi terkait kompetitor, seperti kata kunci yang digunakan, artikel yang menempati posisi teratas di mesin pencari, hingga dari mana mereka mendapat backlink.

2. Menghemat Waktu

SEO tools memungkinkan kita melihat banyak informasi dalam satu dashboard. Sehingga kita tidak perlu melakukan riset dan analisa secara manual. Semua informasi yang kita butuhkan, telah dirangkum dalam bentuk visual yang lebih menarik dan mudah dipahami.

3. Mencari Keyword Potensial

Selain digunakan untuk analisa pasar, beberapa tools SEO juga menawarkan kemampuan riset keyword yang powerful. Kita bisa dengan mudah menemukan keyword-keyword potensial yang memiliki value tinggi. Dengan begitu, kita berkesempatan memenangkan hasil pencarian, dan mendapatkan traffic lebih banyak.

Cara Memilih Tools SEO yang Tepat

Cara Memilih Tools SEO yang Tepat

Bila Anda tertarik mencoba tools SEO, berikut beberapa tips memilih tools SEO yang sesuai kebutuhan Anda, yaitu:

1. Tentukan Tujuan

Meski memiliki fitur dengan tujuan yang hampir sama, beberapa tools lebih spesifik pada kebutuhan tertentu dalam SEO. Untuk itu, Anda perlu memilih yang sesuai dengan tujuan. Apakah untuk melakukan riset, menganalisa performa website, mencari keyword yang potensial dan lain-lain.

2. Sesuaikan Budget

Beberapa layanan dengan fitur lengkap, tersedia dalam versi berbayar. Umumnya harga sewa sebuah tools SEO bisa dipilih berdasarkan bulan, tahun atau lifetime. Bila budget Anda terbatas dan tetap ingin menggunakan tools SEO premium, Anda bisa memanfaatkan penawaran free trial atau memilih layanan termurah yang disediakan.

3. Perhatikan Fitur Penting

Apabila Anda memang siap menggunakan tools berbayar, pastikan Anda memperhatikan fungsi serta fitur yang ditawarkan. Apakah fitur tersebut memang dibutuhkan atau tidak, apakah fitur tersebut juga tersedia dalam versi gratis atau tidak dan apakah dengan fitur tersebut dapat meningkatkan performa website, semua tergantung kebutuhan Anda.

SEO Tools Terbaik Paling Banyak Digunakan di Indonesia

SEO Tools Terbaik Paling Banyak Digunakan

Jika bicara spesifik penggunaan tools SEO di Indonesia, ada beberapa tools yang umum digunakan oleh blogger, SEO specialist hingga digital agency, beberapa tools SEO tersebut antara lain:

1. Google Search Console

Google Search Console (GSC)  merupakan basic tools yang harus dipahami oleh pekerja SEO. Dengan tools ini, kita bisa melihat performa website dari sisi mesin pencari.

2. Google Page Speed Insight

Google Pagespeed Insight membantu kita melihat kecepatan website dan apa saja yang perlu diperbaiki.

3. Ahrefs

Salah satu tools SEO paling populer karena menyediakan fitur yang sangat lengkap, seperti site audit, site explorer, keyword explorer, content explorer hingga rank tracker.

4. Moz SEO

Moz SEO merupakan peralatan SEO yang membantu kita memantau link serta kualitas konten pada website. Beberapa fungsi yang ditawarkan seperti keyword explorer dan link explorer. 

5. Answer The Public

Dengan Answer The Public, kita bisa mengumpulkan keyword berupa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna, lengkap dengan topik terkait.

6. Yoast SEO

Pada website berbasis WordPress kita bisa menggunakan plugin, salah satu yang paling populer adalah Yoast SEO.

7. Ubersuggest

Tools SEO yang bisa dibilang user friendly untuk pengguna. Memungkinkan kita melakukan riset keyword dan melihat tingkat persaingan keyword yang akan digunakan.

8. Semrush

Selain Ahrefs, Semrush juga merupakan tools SEO premium yang menawarkan banyak fitur menarik. Kita bisa mengetahui banyak informasi terkait konten dan performa website dari sisi SEO.

9. Google Trends

Alat bantu dari Google yang memudahkan kita melihat trend keyword atau topik. Kita bisa mengatur durasi pencarian, lokasi hingga jenis pencarian yang akan dilakukan.

10. Google Analytics

Google Analytics adalah tools SEO yang berguna untuk melihat dan memantau performa website dari sisi traffic. Kita bisa melihat konten mana yang mendatangkan lebih banyak traffic dan bagaimana user berinteraksi di dalam konten.

11. Similarweb

Berfungsi untuk memantau jumlah traffic pada website dan melihat persaingan konten di mesin pencari. Dapat diakses secara gratis dengan layanan free trial.

Kesimpulan

Dari informasi ini dapat Anda ketahui bahwa SEO tools adalah alat yang digunakan untuk melakukan optimasi SEO pada website. Mulai dari melakukan riset, menganalisa hingga proses monitoring dari optimasi yang telah dilakukan pada website. 

Ada banyak sekali contoh SEO tools yang dapat Anda gunakan seperti Google Search Console, Ahrefs, Yoast SEO, Google Trends, dan lain sebagainya. Berbagai tools tersebut tersedia dalam versi gratis dan berbayar, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.