4 ps of Marketing Mix: Bauran Pemasaran dan Posisi SEO

  • Bagikan:
  • Dalam dunia pemasaran, konsep 4 ps of marketing atau bauran pemasaran 4P seringkali menjadi acuan dasar untuk merancang sebuah strategi pemasaran. Dalam praktiknya, konsep dari 4 ps of marketing ini memiliki kombinasi antara Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion (Promosi). 

    Menariknya, strategi pemasaran 4ps marketing mix ini juga diterapkan dalam dunia digital, salah satunya SEO (Search Engine Optimization). Lalu, bagaimana 4ps Marketing Mix bisa berpadu dengan SEO? Apa posisi SEO dalam pemasaran 4p? Mari kita kupas satu per satu pertanyaan tersebut!

    Pengertian 4 ps of Marketing Mix

    pengertian 4 ps of marketing

    American Marketing Association dalam artikelnya yang berjudul “The Four Ps of Marketing“, mengungkapkan bahwa konsep Bauran Pemasaran 4P pertama kali diperkenalkan oleh Neil Borden pada tahun 1950-an, yang kemudian disederhanakan oleh E. Jerome McCarthy menjadi model 4P di tahun 1960-an. 

    Pengertian bauran pemasaran 4P merujuk pada strategi marketing yang bertujuan untuk membantu perusahaan dalam merencanakan dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif, dengan mempertimbangkan keempat elemen pemasaran yang semuanya dimulai dari huruf “P”, dan inilah keempat elemen tersebut:

    1. Produk (Product)

    Barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen. Dalam hal ini, perusahaan perlu mempertimbangkan desain, kualitas, merek, dan fitur dari produk yang akan ditawarkan agar bisa menarik minat konsumen.

    2. Harga (Price)

    Penentuan harga juga menjadi salah satu aspek penting dalam bauran pemasaran. Harga harus ditetapkan dengan pas sehingga bisa mencerminkan nilai yang ditawarkan oleh produk. Jangan lupakan untuk mempertimbangkan faktor lain, seperti biaya produksi dan persaingan harga produk yang sama di pasaran.

    3. Tempat (Place)

    Tempat ini mengacu pada distribusi produk, tentang bagaimana produk dijual dan dikirimkan kepada konsumen. Anda harus bisa menentukan apakah produk tersebut bisa termasuk toko ritel, penjualan online, atau saluran distribusi lainnya.

    4. Promosi (Promotion)

    Elemen keempat ini tujuannya adalah membangun brand awareness agar konsumen mau membeli produk yang dijual. Promosi ini bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan memasang iklan.

    Manfaat Bauran Pemasaran 4P

    Banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda menerapkan 4 ps of marketing. Manfaat-manfaat bauran pemasaran 4P tersebut berupa:

    1. Membantu memahami kebutuhan dan keinginan para konsumen sesuai dengan target pasar yang telah ditetapkan sebelumnya.
    2. Meminimalisir kesalahan dalam memilih teknik promosi sehingga saat memperkenalkan produk ke konsumen bisa lebih efektif dan terarah. 
    3. Dengan adanya panduan dari strategi bauran pemasaran 4P, Anda bisa menciptakan desain produk yang pas untuk target pasar.
    4. Mengimplementasikan 4 ps of marketing juga bisa memaksimalkan nilai jual produk dan jasa yang dibeli oleh konsumen sehingga bisa meningkatkan kepuasan konsumen. 
    5. Selain meminimalisir kesalahan teknik pemasaran, 4 ps of marketing juga bisa mengurangi kesalahan dalam perencanaan bisnis produk atau jasa.
    6. Manfaat yang terakhir adalah Anda bisa merancang dan menerapkan strategi pemasaran yang lebih optimal

    Prinsip-prinsip Bauran Pemasaran 4P

    prinsip bauran pemasaran 4p

    Namun, sebelum Anda menerapkan bauran pemasaran 4P, maka ada baiknya jika Anda juga memahami prinsip-prinsip dari 4 ps of marketing. Prinsip tersebut meliputi:

    1. Kesesuaian: Produk/jasa harus dirancang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memenuhi ekspektasi mereka.
    2. Kompetitif: Harga harus kompetitif untuk menarik pelanggan, namun tetap memberikan nilai dan mengcover biaya pengeluaran, modal, dan lainnya.
    3. Keterjangkauan: Pendistribusian produk dan jasa harus disalurkan dengan baik dengan tujuan efisiensi serta kemudahan akses agar konsumen bisa membeli produk/jasa dengan nyaman.
    4. Kesadaran: Strategi promosi yang efektif adalah strategi yang mampu menciptakan kesadaran dan minat para target pasar, sehingga bisa membangun brand dan meningkatkan penjualan.

    Hubungan antara Bauran Pemasaran 4P dan SEO

    Hubungan antara 4 ps of marketing dan SEO (Search Engine Optimization) dapat dilihat dari bagaimana kedua konsep ini bekerja sama untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan online suatu bisnis. Bagaimana keduanya bisa berkolaborasi? Ini dia jawabannya:

    1. Produk (Product) dan SEO

    Dalam bentuk produk, SEO membantu dalam meningkatkan visibilitas produk atau jasa di mesin pencari, sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak konsumen. 

    2. Harga (Price) dan SEO

    Informasi harga yang jelas dan transparan di situs web bisnis dapat membantu SEO meningkatkan kepercayaan pengguna. Jika penggunanya sudah percaya, kemungkinan pengguna akan balik lagi sehingga bisa meningkatkan ranking di mesin pencari.

    3. Tempat (Place) dan SEO

    SEO juga bisa memantau konsumen di area geografis tertentu sehingga pelaku bisnis bisa meninjau marketing yang sesuai dengan tempat target pasar berada.

    4. Promosi (Promotion) dan SEO:

    Anda juga bisa mempromosikan produk/jasa secara online melalui SEO. Nah, SEO itu membantu untuk menarik lebih banyak trafik ke situs web. 

    Posisi SEO dalam Bauran Pemasaran 4P

    posisi SEO dalam bauran pemasaran 4P

    Posisi SEO (Search Engine Optimization) dalam 4 ps of marketing bisa dibilang cukup penting. Bagaimana posisi SEO itu menjadi sangat penting untuk setiap elemen 4 ps of marketing? Ini penjelasannya:

    1. Produk: SEO dapat membantu optimasi konten produk yang ditawarkan sehingga bisa muncul di mesin pencari. 
    2. Harga: Dengan adanya harga yang jelas, hal tersebut bisa mengoptimalkan SEO dalam mesin pencari. 
    3. Tempat: Adanya SEO, Anda bisa mengetahui dan meningkatkan visibilitas di area geografis tertentu sehingga produk Anda bisa lebih dikenal di geografis tertentu sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan.
    4. Promosi: SEO juga bisa meningkatkan trafik dan kesadaran brand melalui optimasi situs web, serta mengoptimalkan konten promosi agar mudah dicari di mesin pencari.

    Nah, itulah pembahasan tentang 4 ps of Marketing mix serta posisi SEO dalam konsep pemasaran tersebut. Mungkin ini menjadi istilah baru untuk mereka yang baru terjun di dunia marketing sekaligus SEO, meski begitu keduanya akan bersinergi dengan baik agar produk bisa ‘terlihat’ dalam mesin pencari. 

  • Bagikan:
  • Rekomendasi lainnya dari Digitalic

    Perusahaan Digital Marketing: Layanan dan Penawaran Jasa Iklan

    Perusahaan digital marketing saat ini menjadi strategi promosi bisnis di era digital. Dengan kemajuan teknologi...

    Anggaran Biaya Iklan di Google Ads dan Cara Menentukannya

    Menjalankan iklan menjadi salah satu aktivitas marketing yang umum dilakukan. Ini merupakan bagian dari penerapan...

    AIDA Framework: Apa Itu dan Fungsinya untuk SEO Content Writing

    AIDA Framework merupakan formula copywriting yang sangat efektif dan berfokus pada konsumen tertentu, pendekatan yang...
    Status code

    HTTP Status Code yang Perlu Dipahami SEO Specialist

    Tidak jarang ketika mengunjungi halaman website menemukan error dengan status code 404, 501, dan sebagainya....