SEO digital marketing menjadi hal yang sangat penting dalam dunia marketing online. Perpaduan keduanya bisa menghasilkan strategi yang efektif untuk promosi. SEO bentuk praktik untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas trafik ke situs web melalui hasil pencarian organik pada mesin pencari seperti Google. 

Sementara itu, digital marketing berperan sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan platform digital untuk mempromosikan brand atau produk. 

Menurut Forbes dalam artikelnya yang berjudul “Why SEO Is Important To Your Website“, tampil di halaman pertama hasil pencarian Google sangat membantu dalam meningkatkan eksposur dan trafik ke situs web Anda, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kesuksesan kampanye digital marketing Anda. 

Dalam era digital ini, konsumen cenderung mencari informasi online sebelum membuat keputusan untuk membeli sesuatu. Oleh karena itu, SEO menjadi salah satu kunci agar website Anda terlihat dalam upaya mendukung digital marketing brand. Untuk lebih lengkapnya, kami akan jelaskan berikut ini.

Manfaat SEO Digital Marketing untuk Brand

Manfaat SEO Digital Marketing

Nah, SEO digital marketing punya banyak manfaat dalam meningkatkan brand. Apa saja manfaat SEO untuk brand? Berikut beberapa manfaatnya:

1. Trafik Berkualitas Tinggi

SEO fokusnya adalah menciptakan konten yang relevan dan mengoptimalkan kata kunci sesuai dengan apa yang dicari audiens target. Melalui strategi SEO yang efektif, brand dapat menarik trafik yang relevan dari pengguna yang secara aktif mencari informasi atau solusi yang ditawarkan oleh brand tersebut. 

Dibandingkan dengan trafik yang dihasilkan melalui iklan berbayar, trafik organik yang berasal dari SEO memiliki hasil yang lebih tinggi dan lebih baik karena pengguna sudah memiliki niat tertentu saat melakukan pencarian di browser.

2. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan

Jika website Anda menempati peringkat atas di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERPs), hal itu sangat bagus untuk meningkatkan visibilitas brand dan membangun kredibilitas serta kepercayaan kepada pengguna atau target audiens. Kenapa bisa begitu?

Biasanya, pengguna atau audiens yang sedang melakukan browsing, misalnya di Google, lebih cenderung percaya terhadap hasil yang ditampilkan oleh Google di halaman pertama. Jika website Anda berada dalam halaman pertama Google, otomatis audiens mempercayai hal tersebut sehingga mereka akan mengunjungi website Anda. 

3. Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

SEO digital marketing tidak hanya tentang mesin pencari, tetapi juga memikirkan user experience atau pengalaman pengguna. Jadi, pastikan website Anda sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh audiens. Caranya mudah, Anda perlu menyediakan konten yang relevan, website dengan struktur rapi dan mudah dimengerti, serta loading website yang cepat. Jika semua itu terpenuhi, maka website Anda bisa mendapatkan citra positif hingga akhirnya mereka mau membeli produk Anda.

4. Analisis dan Pemahaman Pasar

Sebelum membuat konten, sebaiknya Anda melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Dengan menganalisis dan melakukan riset kata kunci serta tren pencarian di browser, maka SEO bisa dioptimalkan dengan cara yang lebih efektif. 

Tidak hanya itu saja, dengan memahami kata kunci yang sering dicari oleh audiens target, brand dapat mendapatkan informasi tentang kebutuhan dan preferensi pasar. Hal ini juga membantu Anda untuk mengidentifikasi peluang baru dan memahami perilaku konsumen. 

Analisis ini juga bisa dijadikan acuan sebuah brand dalam mengoptimalkan strategi konten dan pemasaran mereka untuk memenuhi kebutuhan pasar dan tetap kompetitif dalam persaingan pasar.

Cara SEO Mendukung Kampanye Digital Marketing

Cara SEO Mendukung Kampanye Digital Marketing

Setelah mengetahui manfaatnya, kini saatnya Anda mulai mengeksekusi SEO digital marketing untuk mendukung kampanye brand. Untuk yang belum tahu, berikut kami paparkan caranya:

1. Padukan Konten dengan SEO

SEO dan strategi konten adalah dua hal yang penting saat melakukan kampanye digital marketing. SEO membantu Anda dalam mengidentifikasi kata kunci dan topik yang relevan yang dicari oleh audiens target, sedangkan kehadiran strategi konten fokus untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang berkualitas, informatif, dan menarik berdasarkan kata kunci dan topik yang relevan dengan audiens. 

Konten yang dioptimalkan dengan baik menggunakan SEO, justru akan menarik trafik organik lebih banyak dan mungkin bisa menempatkan brand di posisi teratas. Nah, SEO yang dipadukan dengan konten yang menarik dan berkualitas bisa membuat pengunjung betah untuk berada di dalam situs web sehingga lama kelamaan pun mereka akan tertarik dengan brand-nya.

2. Optimasi Media Sosial

SEO digital marketing tidak hanya terbatas pada mesin pencari tetapi juga dapat diterapkan untuk mengoptimasi media sosial. Dengan menggunakan kata kunci yang relevan dalam bio, postingan, dan hashtag, brand dapat meningkatkan visibilitas mereka di platform media sosial dan menarik audiens yang lebih banyak. 

Lalu, SEO akan membantu untuk mempromosikan konten media sosial dengan menggunakan link dari media sosial. Nantinya, baik SEO dan media sosial bisa saling berbagi link sehingga bisa meningkatkan posisi website dalam mesin pencari.

3. Analisis dan Laporan Trafik

Beberapa tools SEO modern memiliki fitur analisis dan pelaporan untuk mengukur efektivitas kampanye digital marketing mereka. Analisis dan laporan ini bakal menampilkan data peringkat kata kunci, analisis trafik situs web, dan pengukuran tingkat konversi. 

Dengan data ini, marketer dapat membuat keputusan yang lebih efektif, sehingga marketer bisa mengoptimalkan kampanye mereka untuk kinerja yang lebih baik, dan menunjukkan ROI berdasarkan SEO dan marketing yang mereka lakukan.

4. Optimasi Konversi

SEO juga berperan penting dalam optimasi konversi. Melalui optimasi halaman arahan (landing page) dan elemen lainnya seperti CTA (Call to Action), SEO bisa meningkatkan tingkat konversi situs web. Untuk bisa mencapainya, SEO akan memastikan bahwa website tersebut memenuhi ekspektasi pengunjung dan memandu mereka melalui jalur konversi yang diinginkan. 

Intinya, optimasi konversi adalah memastikan bahwa trafik yang dihasilkan melalui SEO bisa mendorong audiens untuk melakukan suatu tindakan, seperti pengisian formulir, pembelian, atau langganan suatu produk.

Contoh Kasus Penerapan SEO untuk Kampanye Digital Marketing

Contoh Kasus Penerapan SEO digital marketing

Nah, mungkin Anda masih kebingungan dengan menerapkan SEO untuk kampanye digital marketing. Untuk bisa mendapatkan gambaran nyata, berikut adalah dua contoh kasus penerapan SEO digital marketing untuk brand terkenal:

1. TVG Network

TVG Network, sebuah saluran televisi yang biasanya menampilkan tentang taruhan pacuan kuda. Mereka memutuskan untuk membangun strategi SEO digital marketing yang solid untuk meningkatkan visibilitas mereka di mesin pencari dan menarik lebih banyak pengunjung ke situs web mereka. 

Mereka bekerja sama dengan salah satu agensi digital marketing untuk menciptakan strategi SEO yang mencakup optimasi kata kunci, penciptaan konten berkualitas tinggi, dan membangun backlink berkualitas. 

Hasilnya, TVG mengalami peningkatan signifikan dalam peringkat mesin pencari, yang pada gilirannya membawa lebih banyak trafik ke situs web mereka dan meningkatkan pendapatan mereka​

2. Airbnb

Airbnb, merupakan salah satu aplikasi untuk menyewa tempat tinggal. Mereka mengimplementasikan strategi SEO digital marketing untuk meningkatkan visibilitas online mereka. Mereka memfokuskan strategi mereka pada peningkatan backlinks berkualitas tinggi dan optimasi kata kunci. 

Dalam waktu singkat, Airbnb berhasil mendominasi hasil pencarian untuk kata kunci terkait industri mereka, yang secara signifikan meningkatkan trafik ke situs web mereka dan mendukung kampanye pemasaran digital mereka​. 

3. Northmill

Northmill, sebuah perusahaan Fintech yang berbasis di Stockholm, juga melakukan kampanye SEO digital marketing untuk meningkatkan trafik ke situs web mereka. Mereka menganalisis kompetitor bisnis mereka untuk mengembangkan konten berkualitas tinggi yang mampu mendatangkan trafik besar dan mengkonversi pembaca menjadi pelanggan. Dalam waktu kurang dari 6 bulan, Northmill berhasil meningkatkan jumlah pengunjung dari 126 menjadi 121,883.

Ketiga contoh kasus ini menunjukkan bagaimana SEO dapat menjadi komponen penting dalam strategi digital marketing, membantu meningkatkan visibilitas online, trafik web, dan akhirnya konversi yang mengarah ke peningkatan pendapatan.

Itulah tadi pembahasan lengkap tentang SEO Digital Marketing. Bisa dikatakan bahwa melakukan digital marketing tanpa SEO tentu akan terasa sia-sia. Untuk Anda yang mau sukses dalam melakukan kampanye digital marketing, mulai dari sekarang optimasi SEO digital marketing secara efektif demi peningkatan website yang lebih signifikan. Yuk, segera cek SEO website Anda sekarang!