Dalam meningkatkan ranking website di search engine, banyak yang melakukan optimasi website dengan SEO. Namun, apakah Anda sudah mengetahui lebih dalam apa itu SEO?
Faktanya peran SEO tidak sekedar untuk menaikkan ranking website, tetapi ada banyak hal yang dapat diperoleh. Terutama dalam meningkatkan trafik website, meningkatkan penjualan hingga menciptakan kesan baik kepada audiens agar kembali berkunjung. Agar lebih memahami apa itu SEO, inilahh informasi yang bisa Anda simak.
Apa Itu SEO?

Search Engine Journal dalam artikel yang berjudul “What Is SEO – Search Engine Optimization?” menjelaskan bahwa SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Pengertian SEO merujuk pada upaya optimasi pada sebuah website agar mendapatkan posisi teratas di mesin pencari. Dengan begitu trafik akan meningkat karena potensi untuk dikunjungi audiens semakin besar.
Alasan search engine optimization menjadi strategi terbaik dalam mengoptimalkan website karena menghasilkan organik trafik. Anda tidak perlu memasang iklan berbayar, cukup dengan melakukan optimasi dengan tepat.
Optimasi SEO meliputi seluruh bagian pada website yang meliputi tema, struktur website, artikel, dan link tautan. Jadi, keberhasilan SEO tidak hanya dilihat dari satu aspek saja melainkan dari berbagai sisi.
Umumnya terdapat empat jenis SEO yaitu SEO on-page, SEO off-page, Technical SEO, dan Local SEO. Masing-masing jenis memiliki fokus dan cara kerja berbeda, namun saling berkaitan satu dengan lainnya.
Jenis-Jenis SEO
Dalam melakukan optimasi situs web menggunakan teknik SEO maka ada banyak langkah yang harus dilakukan. Ini karena, apa yang dimaksud SEO bukan pekerjaan instan, melainkan pekerjaan dengan jangka waktu yang cukup panjang.
Selain itu, tidak hanya memahami apa itu SEO, perlu dipahami juga bahwa SEO memiliki beberapa jenis. Langkah-langkah optimasi yang dilakukan bisa dilihat pada jenis SEO yang digunakan. Terdapat empat jenis SEO dengan cara kerja yang berbeda, yaitu:
1. SEO On-Page
Optimasi yang dilakukan pada bagian internal website, yang mana fokus utama SEO on page meliputi pembuatan konten yang relevan dan bermanfaat bagi audiens. Pemilihan tema konten, kata kunci yang digunakan, hingga struktur tulisan.
Pada sebuah konten atau artikel Anda juga harus memperhatikan title tag, meta description, image alt text, dan optimasi keyword. Untuk optimasi keyword harus memperhatikan kuantitas, jangan sampai berlebihan.
2. SEO Of-Page
Teknik SEO kedua yaitu dengan melakukan optimasi diluar website. Ini dapat membantu dalam menaikkan rangking website di search engine dengan melakukan optimasi melalui link building, social media marketing, maupun influencer outreach.
3. Technical SEO
Tidak berbeda jauh dengan On-Page SEO, namun technical SEO fokus pada struktur website. Misalnya memperhatikan kecepatan loading, karena search engine tidak suka website dengan kecepatan lambat.
Selain itu penggunaan schema markup, internal link, XML sitemap, dan sertifikat SSL dapat mempengaruhi algoritma google. Jadi, tidak hanya fokus dalam optimasi konten, namun technical website juga mempengaruhi dalam penentuan ranking.
4. Local SEO
Jenis SEO ini fokus untuk menargetkan audiens pada komunitas atau masyarakat lokal. Cara kerjanya dengan meningkatkan visibilitas melalui membuat profil Google My Business, riset kata kunci lokal, dan menampilkan ulasan pelanggan.
Cara Kerja SEO

Cara kerja SEO fokus dalam optimasi website agar search engine mudah menemukan website saat melakukan crawl. Setelah search engine berhasil menemukan situs Anda maka selanjutnya akan dilakukan indexing, hingga penentuan ranking.
Ranking website dipengaruhi oleh berbagai faktor dan bagaimana algoritma masing-masing search engine. Misalnya google, akan menampilkan website di halaman teratas yang memiliki relevansi konten sesuai dengan target keyword.
Untuk lebih detail berikut ini cara kerja SEO:
1. Membuat Konten
Untuk memberitahu website Anda kepada mesin pencari maka dengan membuat konten SEO dengan menggunakan kata kunci yang relevan sesuai niche situs. Lakukan keyword research terlebih dahulu agar memberikan peluang besar untuk muncul di mesin pencari.
Setelah menentukan keyword dan konten siap untuk ditayangkan, selanjutnya menunggu search engine melakukan crawling dan indexing. Untuk memudahkan crawling maka pastikan isi konten sesuai dengan ketentuan SEO.
2. Crawling
Search engine memiliki robot khusus untuk melakukan perayapan yang sering disebut sebagai Google bots atau Spider. Proses ini dimana bots akan mencari dan mengumpulkan berbagai informasi dari berbagai situs website atau blog.
3. Indexing
Setelah proses crawling selesai, maka informasi yang terkumpul akan tersimpan pada basis data dan website akan ditambahkan ke dalam index pencarian. Pada google akan tersimpan pada Google Mobile First Index.
Google Mobile First Index merupakan algoritma untuk mempelajari berbagai hal pada sebuah website layak atau tidaknya untuk di index. Algoritma tersebut mempelajari struktur website, relevansi konten, kualitas, dan kredibilitas suatu halaman.
4. Ranking
Search engine akan menampilkan website di halaman teratas yang sesuai dengan algoritma. Jadi, saat user memasukan kueri pada kolom pencarian, maka mesin pencari akan menampilkan sumber data dari yang relevan hingga ke paling tidak relevan.
Fungsi SEO dalam Marketing

Search engine optimization (SEO) memiliki fungsi dalam meningkatkan ranking website di mesin pencari google. Dalam artian luas, SEO juga memiliki peran besar dalam pemasaran untuk membantu bisnis dalam meningkatkan penjualan. Berikut ini fungsi SEO dalam marketing untuk mengembangkan bisnis:
1. Meningkatkan Penjualan
SEO membantu sebuah website agar mudah di crawl dan index oleh mesin pencari, sehingga bisa menempati halaman teratas. Dengan begitu, ketika audiens mencari informasi dari kata kunci tertentu website Anda menjadi salah satu yang direkomendasikan.
Untuk website bisnis akan membantu meningkatkan penjualan karena banyaknya audiens yang berkunjung. Berdasarkan data bahwa 75% penjualan meningkat dengan SEO.
2. Membangun Brand Awareness
Semakin sering website muncul di halaman teratas google maka akan membuat audiens semakin percaya dengan bisnis Anda. Audiens akan tertarik dan percaya dengan bisnis yang Anda bangun, sehingga brand awareness semakin kuat di mata audiens.
3. Menjaring Pelanggan Potensial
Pengguna internet sangat beragam dari berbagai kalangan usia, geografis, maupun minta. Agar penjualan meningkat maka harus menjaring audiens yang tepat sesuai target market bisnis Anda. Salah satu caranya dengan teknik SEO.
4. Meningkatkan Kepuasaan dan Kepercayaan Pelanggan
Kepuasaan dan kepercayaan pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang dengan baik. Untuk mempertahankannya bisa dengan optimasi SEO marketing dengan munculnya website bisnis di halaman teratas google.
5. ROI yang Tinggi
ROI atau Return of Investment merupakan salah satu keuntungan SEO yang baik untuk bisnis Anda. Ini karena, SEO fokus dalam membangun organik trafik dalam jangka waktu yang panjang.
Kesimpulan
Sekarang Anda sudah tahu kan apa itu SEO? Dari penjelasan mengenai apa itu SEO, cara kerja hingga fungsi bagi marketing jelas bahwa SEO memberikan dampak besar agar website tidak hanya berada di posisi teratas mesin pencari. Melainkan dapat meningkatkan trafik dan meningkatkan penjualan.
Selain itu, bagi pemilik bisnis bagaimana cara kerja SEO dapat membangun brand awareness dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Dengan ini semua maka bisnis dapat berkembang dengan baik.