Ketika bekerja di bidang SEO atau web development, kita pasti tidak asing dengan istilah backlink. Sebuah istilah yang sangat lekat dengan pekerjaan ini, dan mungkin sedang Anda lakukan saat ini. Proses link building memang menjadi suatu pekerjaan yang rumit, sekaligus menyenangkan.
Sebab pada prosesnya, kita tidak hanya menempatkan link sesuai anchor text atau keyword tertentu. Tetapi juga perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum memulai strategi link building. Untuk itu, kali ini kita akan menjabarkan apa itu link building, cara melakukannya yang benar, dan bagaimana mendapatkan backlink dari website berkualitas.
Apa Itu Link Building?
Merujuk pada penjelasan Semrush pada artikelnya yang berjudul “What Is Link Building?”, link building adalah proses membuat website lain memberikan tautan balik (backlink) ke website kita. Tujuan utama pembuatan tautan adalah mendapatkan backlink berkualitas tinggi, agar dapat meningkatkan peringkat halaman di hasil pencarian.
Penerapannya pun bermacam-macam, ada yang hanya memberikan link berupa URL domain, URL halaman tertentu di website Anda, dan ada pula yang menyematkan link di dalam teks berupa anchor text atau keyword.
Salah satu tujuan link building adalah membangun awareness, baik dari sisi mesin pencari maupun pengguna. Sebab backlink masih menjadi satu dari sekian banyak parameter SEO Off-page yang menentukan hasil pencarian, utamanya oleh Google.
Jenis-jenis Link Building
Karena memiliki tujuan yang berbeda-beda, maka link link building juga terbagi menjadi beberapa jenis, seperti:
1. Manual Outreach
Strategi link building yang dilakukan dengan cara mencari dan menghubungi blogger, perusahaan atau media yang memiliki website dengan kriteria tertentu. Umumnya dilakukan melalui email atau menghubungi secara langsung via WhatsApp.
2. Guest Posting
Strategi ini dilakukan dengan cara menulis dan mempublikasikan konten ke blog atau website milik orang lain. Umumnya ditujukan pada website yang juga memberi kesempatan guest posting. Kita bisa menyertakan backlink dalam artikel yang dipublikasikan.
3. Broken Link Building
Kita mencari dan menghubungi pemilik website yang terdapat broken link (page not found 404) pada website mereka. Memberikan solusi untuk memperbaikinya dengan link yang kita miliki. Bisa ditujukan pada homepage atau halaman dengan konten yang relevan.
4. Natural Editorial Links
Jenis backlink yang didapat secara natural dari artikel di website lain. Biasanya karena konten kita dianggap membantu menambahkan value informasi yang mereka miliki. Contoh paling umum adalah dengan memberikan eksternal link pada istilah atau tokoh tertentu.
5. Self-Created, Non-editorial
Strategi ini dilakukan dengan cara menuliskan link website pada profil di website lain, seperti pada website media, forum, platform sosial media dan semacamnya. Cara ini dinilai masih efektif untuk menambahkan backlink, meski bagi sebagian orang berpotensi dianggap sebagai spam.
6. Link Reclamation
Link building jenis ini biasanya dilakukan oleh SEO specialist dengan cara menghubungi pemilik website. Itu dilakukan karena sebelumnya website tersebut telah memberikan backlink ke website kita, namun ada kemungkinan atau terhapus, sehingga kita bisa meminta untuk diperbaiki.
Cara Mendapatkan Backlink dari Situs Berkualitas
Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapat backlink dari situs berkualitas. Salah satu yang umum dilakukan adalah dengan membuat konten yang berkualitas, sehingga artikel kita akan dijadikan sebagai referensi dan diberikan natural editorial links.
Namun bila ingin melakukan secara manual, kita bisa melakukan riset pada sejumlah website menggunakan tools seperti Ahrefs, SEMRush, dan semacamnya. Menganalisa website berdasarkan parameter tertentu seperti domain authority dan kualitas konten serta jumlah traffic.
Lalu kita bisa menghubungi pemilik website untuk menempatkan link website kita pada halaman konten mereka. Jenis kerjasama yang dilakukan biasanya berupa guest posting, broken link building dan placement content.
Cara Melakukan Link Building yang Aman dan Powerful
Bila Anda ingin membangun backlink yang efektif dan minim risiko, berikut cara melakukan link building yang bisa Anda terapkan, yaitu:
1. Membuat Konten Berkualitas
Pengguna dan mesin pencari tahu mana konten yang dibuat untuk hanya untuk backlink, dan mana konten yang bertujuan membantu pengguna. Maka dari itu, buatlah konten yang berkualitas, yaitu konten yang informatif dan bisa membantu pengguna sesuai tujuan pencariannya.
2. Temukan Website yang Cocok
Tidak semua website cocok dengan artikel dan tujuan kita melakukan link building. Untuk itu, kita perlu mencari website yang sesuai. Ini juga akan memberikan keuntungan lebih pada website kita nantinya. Karena link berasal dari website yang relevan.
3. Gunakan Semua Link Building
Agar hasil yang didapat lebih maksimal, Anda bisa menggunakan semua jenis link building yang ada. Namun harus dilakukan dengan bijak dan tepat karena melakukannya ecara berlebihan justru berpotensi membahayakan website Anda, karena dianggap melakukan spam.
4. Memaksimalkan Internal Link
Link building tidak selalu dilakukan dari website lain. Kita bisa melakukannya sendiri dengan mengoptimalkan internal link. Strategi ini dilakukan akan setiap halaman atau konten yang relevan, saling terhubung satu sama lain. Sehingga dapat membantu pengguna mendapatkan informasi lebih, juga dipandang sebagai artikel berkualitas oleh mesin pencari.
5. Monitoring
Backlink yang kita dapat tidak selamanya aktif. Ada kalanya link tersebut terhapus atau website yang memberikan link sudah tidak tersedia. Maka itu, selalu lakukan monitoring backlink agar performanya selalu terjaga.
Kesimpulan
Dari informasi ini dapat Anda pahami bahwa link building adalah proses membuat website lain memberikan tautan balik (backlink) ke website kita. Tujuan utama pembuatan tautan adalah mendapatkan backlink berkualitas tinggi, agar dapat meningkatkan peringkat halaman di hasil pencarian.
Cara melakukan link building berkualitas pun bisa dilakukan dengan beberapa metode. Seperti membuat konten berkualitas, memaksimalkan internal link, menemukan website yang cocok, dan monitoring.