Local SEO: Pengertian, Manfaat dan Strateginya

  • Bagikan:
  • Strategi paling tepat yang bisa Anda lakukan jika ingin memasarkan produk yang dimiliki di pasar adalah dengan menggunakan local SEO. Apa itu local SEO? Suatu teknik yang bisa menambah visibilitas produk ataupun bisnis di lokasi tertentu dengan cara memanfaatkan search engine.

    Contohnya itu, ada seseorang mengetikkan “restoran terdekat?, maka Google akan segera memberikan beberapa rekomendasi berdasarkan keyword atau kata kunci tersebut. Supaya bisnis yang Anda miliki bisa masuk dalam rekomendasi tersebut, ada beberapa faktor dan strategi yang harus diterapkan. Informasi mengenai local SEO, bisa langsung Anda simak di penjelasan berikut ini.

    Pengertian Local SEO

    Pengertian Local SEO

    Dilansir dari Search Engine Journal dalam artikelnya yang berjudul “What Is Local SEO & Why Local Search Matters“, local SEO adalah praktik optimasi mesin pencari atau search engine untuk hasil pencarian lokal. Hal ini berarti bisnis yang Anda miliki akan tercantum dalam pencarian lokal berperingkat tinggi dan juga lebih sering muncul sebagai tanggapan atas volume pencarian yang relevan.

    Sederhananya, local SEO merupakan cara ataupun strategi optimasi SEO. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan bisnis agar dapat muncul di pencarian utama mesin pencari seperti Google. 

    Sebagai contoh local SEO adalah ketika Anda berada di Bandung dan membutuhkan rekomendasi restoran terbaik di kota tersebut, Anda bisa mencari informasinya di Google. Setelah itu. Google akan menampilkan hasilnya berupa beberapa pilihan tempat makan terbaik di Bandung.

    Sebagai pemilik bisnis, Anda harus bisa memanfaatkan teknik optimasi SEO ini dengan baik. Alasannya karena strategi ini sangat efektif untuk melakukan pemasaran bisnis secara lokal. 

    Baik local SEO maupun SEO memiliki tujuan yang sama yaitu bisa mencapai peringkat pertama di mesin pencari. Akan tetapi, tujuan dari lokal SEO lebih spesifik, yaitu untuk mendapatkan audiens secara local. 

    Manfaat Local SEO bagi Bisnis

    Manfaat Local SEO bagi Bisnis

    Manfaat local SEO bagi bisnis sangatlah banyak, beberapa diantaranya sebagai berikut:

    1. Membantu Bisnis Menghasilkan Angka Konversi yang Tinggi

    Manfaat yang pertama adalah bisa membantu bisnis menghasilkan angka konversi yang tinggi. Manfaat satu ini sudah dibuktikan dalam studi yang pernah dilakukan dengan hasil bahwasanya angka konversi lebih tinggi yaitu 50% dibandingkan dengan iklan konvensional. Tentu saja penerapan strategi SEO ini sangat efektif untuk bisnis yang Anda miliki.

    2. Berkesempatan untuk Memenangkan Persaingan Bisnis

    Lokal SEO juga bermanfaat untuk meningkatkan kesempatan dalam memenangkan persaingan bisnis. Faktanya, hanya ada sekitar 44% bisnis yang sudah mendaftar di Google Business Profile di seluruh dunia. Realita ini bisa menjadi kesempatan yang bagus buat Anda untuk memenangkan persaingan antar bisnis. 

    3. Sarana Marketing Pasar Lokal

    SEO lokal tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan konversi yang tinggi saja, tetapi juga bermanfaat sebagai sarana marketing dalam pasar lokal. Alasannya yaitu orang-orang biasanya akan mencari bisnis yang ada di sekitarnya untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

    Dengan Anda menggunakan SEO lokal maka bisnis yang dimiliki akan berpotensi muncul pada mesin pencari calon pelanggan dari pasar lokal yang sedang mencari bisnis serupa. 

    Strategi Local SEO

    Strategi Local SEO

    Berikut beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan local SEO:

    1. Optimalkan Google My Business

    Google My Business merupakan tools dari Google yang harus Anda pelajari. Alasannya karena tools ini bisa digunakan untuk memaksimalkan praktik SEO lokal sehingga bisnis yang Anda miliki bisa dideteksi oleh halaman pencarian dan juga Google Maps. Adapun cara mengoptimalkan Google My Business adalah sebagai berikut:

    1. Pertama, buka Google My Business
    2. Daftarkan bisnis yang Anda miliki
    3. Untuk mendaftar, Anda bisa menggunakan Gmail
    4. Lengkapi profile dengan mengisi nama bisnis, logo, kategori, foto produk dan sebagainya
    5. Jangan lupa untuk mencantumkan website bisnis Anda
    6. Profile Google My Business akan menampilkan bisnis Anda

    2. Lakukan Riset Keyword

    Sama seperti optimasi SEO, local SEO juga berhubungan erat dengan riset keyword. Riset keyword merupakan aktivitas yang dilakukan untuk menemukan keyword atau kata kunci yang sesuai untuk bisnis Anda. Dengan begitu, maka proses optimasi SEO akan berjalan secara optimal.

    Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan beberapa tools SEO untuk riset keyword. Beberapa tools yang bisa digunakan adalah Ubersuggest, SEMRush dan masih banyak lagi.

    3. Lakukan Optimasi SEO On-Page 

    Setelah selesai melakukan riset keyword, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah optimasi SEO on-page. Optimasi ini berhubungan dengan konten website, mulai dari judul, gambar, deskripsi, tag, artikel, internal link, kata kunci dan sebagainya. 

    Optimasi on page local SEO merupakan strategi yang sangat penting untuk dilakukan agar bisnis Anda bisa mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari. Perlu diketahui jika SEO on page merupakan faktor penentu kedudukan pada mesin pencari seperti Google.

    4. Bangun Otoritas Website yang Baik

    Strategi local SEO selanjutnya adalah membangun otoritas bisnis dengan baik. Hal ini penting dilakukan karena semakin tinggi otoritas suatu website, maka akan semakin berpotensi untuk mendapatkan perangkat teratas di mesin pencari Google

    5. Tambahkan NAP Citations

    NAP Citations dilakukan dengan cara menambahkan kutipan singkat mengenai bisnis yang Anda miliki. Format optimasi NAP citations untuk local SEO yaitu nama, alamat dan juga nomor telepon. Semakin tinggi NAP citations bisnis muncul d internet, maka akan semakin dikenal oleh Google.

    Tentu saja ini akan membuat calon pelanggan semakin mudah menemukan informasi yang dimiliki oleh bisnis Anda. Oleh karena itu, pastikan informasi yang diberikan selalu sama. Baik itu informasi di media sosial ataupun platform lainnya.

    6. Jangan Mengabaikan Ulasan dari Konsumen

    Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh bisnis adalah mengabaikan ulasan dari konsumen. Padahal ulasan konsumen merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi local SEO. Cara ini juga sering disebut dengan pemasaran word of mouth

    Semakin banyak mendapatkan ulasan positif tentang bisnis Anda di Google My Business, maka Anda bisa meningkatkan kepercayaan dari pelanggan.

    Nah, itulah informasi tentang local SEO, mulai dari pengertian, manfaat dan strateginya. Dari penjelasan diatas diketahui jika jenis SEO yang satu ini sangat penting untuk bisnis Anda. Bisnis yang semakin dikenal maka akan mendatangkan banyak konsumen.

  • Bagikan:
  • Rekomendasi lainnya dari Digitalic

    Menjadi Blogger

    10 Keuntungan Menjadi Blogger

    Zaman demi zaman telah berubah drastis dari tahun ke tahun. Dahulu pada masa prasejarah. Manusia...
    Ilustrasi Google Ads

    Tutorial Cara Pasang Iklan di Google Ads (AdWords)

    Ingin mengiklankan bisnis Anda menggunakan layanan Google? Mau tahu bagaimana cara pasang iklan di Google...
    Organic Traffic

    What is Organic Traffic and How Can it Help Your Business?

    Organic traffic is the lifeblood of any online business. It's the traffic that comes to...
    Ilustrasi Google Search Console

    Understanding Average Position in Google Search Console

    In the realm of Search Engine Optimization (SEO), every metric counts. Among the most pivotal...