Website masih jadi kebutuhan dalam pendistribusian informasi digital. Banyak orang mengandalkan website untuk mendapatkan informasi secara cepat. Maka dari itu, konten yang informatif saja masih kurang, kita perlu memberikan pengguna akses website yang responsif. Meski begitu, responsive website bukan hanya soal kecepatan, tapi bagaimana konten di dalamnya tetap bisa dinikmati.

Adanya berbagai perangkat yang digunakan untuk mengakses website, hal-hal yang berhubungan dengan responsive website sangat penting diperhatikan. Untuk menerapkannya dengan baik, mari kita pahami terlebih dulu hal-hal yang berkaitan dengan website responsif.

Apa Itu Website Responsive?

Apa Itu Website Responsive

Responsive website atau website yang responsif adalah website yang dapat menyesuaikan tampilan dengan perangkat yang digunakan. Sehingga pengguna tetap bisa menikmati konten dari berbagai perangkat yang dimiliki, seperti komputer, laptop maupun smartphone dan tablet. 

Untuk menciptakan website yang responsif, pembuat website harus mempertimbangkan layout atau desain halaman ketika dibuka pada perangkat tertentu, umumnya berdasarkan tampilan pada desktop, tablet dan handphone atau secara spesifik desktop dan mobile.

Manfaat Website Responsive

Manfaat Website Responsive

Mengapa responsive website adalah hal yang penting? Karena melansir dari WebFX dalam artikel yang berjudul “Why is Responsive Design So Important?”, karena responsive website bisa membantu memecahkan banyak masalah pada website. Seperti membuatnya mobile-friendly, meningkatkan kenyamanan tampilan di berbagai jenis device, menambah jumlah waktu yang pengunjung habiskan di website Anda, hingga meningkatkan jumlah traffic. 

Selain itu, membuat website yang responsif akan memberikan Anda banyak keuntungan, termasuk dari sisi bisnis. Agar lebih jelas, inilah berbagai manfaat responsive website yang bisa Anda rasakan, seperti:

1. User Experience yang Baik

Selain user interface website, hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengenai user experience atau pengalaman pengguna.

Website responsif akan memberikan pengalaman pengguna yang baik. Sebab pengguna bisa menikmati konten di dalam halaman dari berbagai device yang dimiliki, tanpa harus melakukan langkah-langkah tertentu untuk menyesuaikan tampilan halaman. Hal ini juga akan berdampak pada lamanya waktu kunjungan dan dapat mengurangi tingkat bounce rate.

2. Kemudahan Akses Halaman

Saat berada di dalam website, pengguna bisa melakukan navigasi dengan lebih mudah. Karena tampilan website menyesuaikan perangkat yang digunakan. Kemudahan akses ini juga membuat pengguna betah dan terus mengakses lainnya.

3. Meningkatkan Traffic

Responsive website dan yang mudah diakses tentunya akan disenangi banyak orang. Sebaliknya, bila kita gagal memberikan hal tersebut, maka pengguna bisa saja enggan melakukan klik pada halaman kita, meskipun berada pada posisi pertama di hasil pencarian.

4. Kemudahan Maintenance

Website yang responsif memungkinkan kita memiliki satu website, memiliki beberapa layout yang menyesuaikan perangkat pengguna. Dari sisi perawatan atau maintenance juga lebih mudah dilakukan, sebab kita hanya fokus pada satu halaman website. Bukan dua website berbeda yang ditujukan untuk masing-masing perangkat.

5. Hemat Biaya

Responsive website membuat Anda bisa menghemat biaya secara efisien, sebab hanya memerlukan satu versi website dan domain saja. Untuk perawatannya pun jauh lebih mudah karena hanya berfokus pada satu website yang sudah ada.

Kriteria Website Responsive

Inilah beberapa karakteristik atau tanda website yang responsive: 

1. Layout

Tampilan menjadi salah satu pertimbangan dalam membuat website. Pastikan tampilan atau tata letak pada website Anda rapi dan mudah diakses, terutama saat digunakan pada perangkat yang berbeda. Saat website diakses pada perangkat mobile, namun tampilan teks menjadi kecil dan sulit di klik, itu menandakan website Anda belum responsif.

2. Penggunaan Media

Guna memperkaya informasi, kita biasanya menambahkan media berupa gambar dan video pada halaman website. Anda perlu memastikan bahwa konten atau kode pada website Anda mendukung penggunaan media tersebut. Misalnya pada gambar, pastikan tampilannya tidak melebihi layar.

Saat video atau gambar yang ditampilkan melebihi batas layar, maka website Anda belum responsif, dan perlu disesuaikan dari sisi tampilan. Misalnya menambahkan kode CSS untuk menyesuaikan tampilan media di berbagai perangkat.

3. Tipografi

Penggunaan font atau tipografi juga perlu diperhatikan bila ingin menampilkan website yang responsif. Satuan yang bisa digunakan untuk menampilkan font adalah piksel atau px. Umumnya ukuran yang sering digunakan seperti 16px, 18px atau 24px. Pemilihan ukuran disesuaikan dengan kebutuhan, misal pada judul artikel, bodi teks, sub heading dan lain-lain.

Cara Membuat Responsive Website

Cara Membuat Responsive Website

Setelah mengetahui kriteria yang diperlukan, saatnya untuk mengetahui cara membuat website reponsif, yaitu dengan cara:

1. Tentukan Struktur Website

Pada tahap awal kita bisa membuat gambaran layout website. Kemudian diterjemahkan ke dalam kode pemrograman, umumnya menggunakan HTML. Di bagian ini, kita bisa membuat struktur website, mulai dari header, navigasi menu, konten, sidebar, hingga footer halaman.

2. Atur Meta Tag

Setelah memiliki desain website dan menerjemahkannya ke dalam kode, saatnya untuk mendefinisikan meta tag pada bagian tertentu. Ini bertujuan agar browser dapat menampilkan halaman yang sesuai dengan perangkat yang digunakan. Untuk mempermudah, Anda bisa menggunakan bantuan meta tag viewport dan media queries.

3. Membuat Media Query

Untuk menyempurnakan proses pembuatan responsive website, pastikan Anda juga membuat media query pada website. Tujuannya agar browser dapat membaca kode yang telah dibuat. Misalnya pada ukuran layar tertentu, tampilan akan berganti ke versi mobile.

Setelah semua tahapan tersebut dilakukan, saatnya untuk melakukan pengujian secara langsung pada website. Bila ditemukan hal-hal yang perlu diperbaiki, segera lakukan perbaikan.

Itulah pengertian dan alasan pentingnya memiliki responsive website. Jangan khawatir bila Anda tidak memiliki kemampuan di bidang pemrograman, karena ada jasa pembuatan website yang bisa Anda gunakan. Informasi ini berguna sebagai panduan Anda bila memerlukan website yang responsif.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan tools atau plugin theme builder. Ini akan membantu Anda merancang tampilan website sesuai keinginan, dan tentunya bisa langsung dibuat dalam versi responsif. Namun untuk hasil yang lebih profesional, biasanya diperlukan tools atau plugin premium (berbayar).