Google Search Generative Experience (SGE) dan Cara Optimasi SEO

  • Bagikan:
  • Sudahkah Anda mendengar istilah Google Search Generative Experience (SGE)? SGE atau pengalaman generatif pencarian merupakan fitur yang baru saja dikeluarkan oleh Google sebagai jawaban atas tantangan dari Bing Chat oleh Microsoft dan juga OpenAI. 

    Search Generative Experience merupakan pengalaman pencarian di Google dengan menggunakan AI generatif percakapan sehingga Anda bisa melakukan pencarian seperti halnya robot. Dengan menggunakan SGE nantinya pengguna mesin pencarian Google akan mendapatkan hasil pencarian yang lebih cepat, mudah dan juga praktis. Informasi lengkapnya ada penjelasan dibawah ini ya!

    Apa Itu Google Search Generative Experience (SGE)?

    Apa Itu Google Search Generative Experience

    Dilansir dari halaman Rock Content dengan judul “ Search Generative Experience: What Is It & How Does It Impact SEO ”, SGE merupakan fitur bertenaga AI yang ditambahkan ke antarmuka Google Penelusuran yang sudah diketahui dan juga disukai semua orang.

    SGE sendiri memanfaatkan kekuatan teknologi AI generatif mutakhir untuk meningkatkan hasil pencarian, menawarkan ikhtisar SERP yang praktis dan juga menyederhanakan proses penelusuran web. 

    Search Generative Experience (SGE) atau pengalaman generatif pencarian adalah konsep yang berkaitan dengan interaksi pengguna dengan mesin pencari dengan konsep percakapan.

    Di dalam konsep ini, mesin pencari akan belajar dari perilaku pencarian pengguna serta akan menyajikan hasil pencarian yang lebih personal sesuai dengan preferensi mereka dan pihak pengguna mesin pencari bisa memberikan pertanyaan lanjutan. 

    Dengan adanya SGE maka pengguna bisa meminta mesin pencari untuk menyusun beragam ide yang membantu produktivitas. Contohnya seperti pertanyaan resep, penyusunan jadwal olahraga dan sebagainya. Selain itu, Google juga ingin menempatkan mesin pencari lebih personal menjadi asisten harian penggunanya. 

    Berbeda dengan Google penelusuran pada umumnya yang menampilkan daftar tautan biru, SGE ini menggunakan AI untuk menjawab pertanyaan pengguna secara langsung di laman web Google penelusuran.

    Setelah Anda memasukkan kueri di Google penelusuran, kotak hijau atau biru akan diperluas dengan jawaban baru yang dihasilkan oleh model bahasa besar Google seperti yang mendukung Chat GPT OpenAI. 

    SGE ini dirancang dengan cermat untuk memberi penghargaan pada konten yang menggarisbawahi prinsip E-E-A-T Google, seperti pengalaman, keahlian, otoritas dan kepercayaan. Sistem ini juga akan memprioritaskan konten yang kaya akan pengalaman dan dukungan resmi. Berikut beberapa kelebihan SGE:

    • Memiliki kemampuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan fakta yang spesifik
    • Lebih fokus memberikan jawaban dengan akurasi tinggi pada pertanyaan yang diajukan
    • Personalisasi yang sangat baik. Google memiliki akses kepada data dan juga pengalaman pengguna yang lebih baik
    • Bisa diakses melalui berbagai jenis browser selama didukung oleh Google

    Cara Mengoptimalkan Konten untuk SGE

    cara mengoptimalkan konten untuk SGE

    Google memberikan jawaban singkat kepada pengguna yang sangat berguna untuk memahami topik yang kompleks dan juga menyerupai kotak informasi singkat di hasil pencarian. Google juga menawarkan cara untuk menjelajah lebih banyak informasi dengan cara mengklik tautan ke sumber aslinya. 

    Google Search Generative Experience (SGE) didukung oleh Large Language Model (LLM) Google, model tujuan umum PaLM 2 dan juga Multitask Unified Model (MUM). Nantinya setiap SERP akan berbeda dan saat ini SGE sedang dalam tahap percobaan. Para pembuat konten dan pemasar harus bersedia untuk bereksperimen, menguji, mengukur hasil serta merumuskan strategi untuk SGE. 

    Meski masih terlalu dini untuk mengukur dampak dari pendekatan AI percakapan ini, tetapi diperkirakan efek lalu lintasnya akan serupa karena banyak pencari akan mendapatkan jawaban yang diperlukan tanpa membuka situs lain.

    Dalam hal ini, lalu lintas tingkat atas akan menurun tetapi tingkat konversi mungkin akan meningkat karena orang yang mengklik untuk mengunjungi situs tersebut lebih tertarik. Untuk memaksimalkan Google Search Generative Experience (SGE), optimalkan kedua jenis konten berikut ini:

    1. Gambar dan Video

    Konten gambar dan video seringkali mendapatkan posisi yang menonjol dalam hasil penelusuran organik dan juga SGE. Maka dari itu, optimalkan strategi penelusuran gambar dan gambar Anda dengan hal-hal berikut ini:

    • Gunakan riset kata kunci terkini
    • Buatlah video yang panjang dan rumit menjadi klip-klip yang menarik yang menjawab satu pertanyaan atau menjelaskan satu ide
    • Gunakan gambar yang orisinil dan berkualitas untuk menyampaikan satu poin, produk atau konsep dengan jelas
    • Tambahkan deskripsi, nama file dan teks alternatif
    • Jadikan gambar dan situs website responsive dan mobile friendly
    • Gunakan kata kunci target Anda secara alami pada judul video, gambar, deskripsi dan teks alternatif
    • Ukur gambar dengan tepat, kompres ukuran file dan optimalkan untuk web

    2. Blog dan Artikel

    Langkah awal yang dilakukan adalah membangun strategi untuk Google Search Generative Experience (SGE). Google memprioritaskan konten yang bermanfaat dan juga berkualitas tinggi. Dengan SGE ini, pikirkan alur percakapan lmi ntr pencari dan AI Google. Perhatikan beberapa hal seperti berikut ini:

    • Manfaatkan sub judul untuk memecahkan blok teks, soroti pertanyaan dan juga informasi penting, serta bantu pembaca membaca sekilas informasi tersebut
    • Pastikan setiap konten di setiap bagiannya memenuhi janji subjudul
    • Audit pustaka konten Anda untuk mengidentifikasi kandidat yng baik untuk memperbarui serta mengoptimalkan SGE.
    • Gunakan keyword long tail secara alami ke dalam konten untuk memastikan keyword tersebut mengalir sesuai konteksnya

    Meski Google belum secara resmi meluncurkan Search Generative Experience (SGE), tetapi pengguna di Amerika Serikat bisa mencoba fitur ini sebagai bagian dari pengembangan. Supaya bisa bergabung dalam eksperimen ini, Anda bisa daftar di Google Search Labs melalui https://labs.google.com dan klik tombol “Join waitlist”

    Untuk pengguna di Indonesia bisa mengakses SGE dengan menggunakan akses VPN dengan lokasi  Amerika Serikat dan menggunakan akun google seperti biasa. setelah itu, Google akan memberitahu Anda kapan saatnya mencoba fitur SGE ketika sudah diluncurkan. 

    Proses pendaftaran dan juga penggunaan aplikasi SGE itu gratis dan mungkin akan membuka kesempatan untuk menganalisis dan jug menyumbangkan masukan terkait fitur ini. Buat Anda yang tertarik untuk bergabung dengan eksperimen ini, bisa mengunduh aplikasi Search Labs di Play Store atau App Store.

    Kesimpulan 

    Dari informasi ini dapat Anda pahami bahwa Google Search Generative Experience memanfaatkan kekuatan teknologi AI generatif mutakhir untuk meningkatkan hasil pencarian, menawarkan ikhtisar SERP yang praktis dan juga menyederhanakan proses penelusuran web. 

    Meski belum resmi diluncurkan tetapi fitur ini diprediksi akan memberikan gebrakan baru dan membuat pengalaman mencari informasi di halaman pencarian Google semakin menarik.

  • Bagikan:
  • Rekomendasi lainnya dari Digitalic

    Menjadi Blogger

    10 Keuntungan Menjadi Blogger

    Zaman demi zaman telah berubah drastis dari tahun ke tahun. Dahulu pada masa prasejarah. Manusia...
    Ilustrasi Google Ads

    Tutorial Cara Pasang Iklan di Google Ads (AdWords)

    Ingin mengiklankan bisnis Anda menggunakan layanan Google? Mau tahu bagaimana cara pasang iklan di Google...
    Organic Traffic

    What is Organic Traffic and How Can it Help Your Business?

    Organic traffic is the lifeblood of any online business. It's the traffic that comes to...
    Ilustrasi Google Search Console

    Understanding Average Position in Google Search Console

    In the realm of Search Engine Optimization (SEO), every metric counts. Among the most pivotal...