SEO Pada e-Commerce: Cara Optimasi SEO untuk Toko Online

  • Bagikan:
  • Menawarkan produk melalui toko online hingga saat ini masih terus dilakukan. Meski banyak orang menjalankan toko online melalui sosial media, nyatanya melakukan pembelian lewat website resmi atau e-commerce masih jadi andalan. Untuk dapat memenangkan persaingan di market, Anda perlu menerapkan SEO pada e-commerce dengan baik.

    SEO (Search Engine Optimization) jadi langkah utama yang perlu dilakukan saat menjalankan bisnis, tak terkecuali toko online. Dengan menerapkan SEO pada toko Anda, maka Anda bukan hanya mendapatkan sumber traffic dari hasil pencarian, tapi juga penjualan produk lewat pencarian secara langsung di dalam website atau aplikasi.

    Apa Itu SEO untuk e-Commerce?

    Apa Itu SEO untuk e-Commerce

    Melansir dari laman Shopify dalam artikelnya yang berjudul “Ecommerce SEO Beginner’s Guide (2024)“, SEO for e-commerce adalah teknik optimasi yang dilakukan pada website atau aplikasi toko online. Tujuannya agar website atau produk Anda mudah ditemukan oleh pengguna. Maka dari itu, penempatan kata kunci dan informasi lainnya harus dilakukan dengan benar.

    Manfaat SEO Pada e-Commerce

    Selain untuk memudahkan pelanggan menemukan produk Anda, ada beberapa manfaat SEO untuk e-commerce lainnya yang juga perlu diketahui, yaitu:

    1. Membangun Brand Awareness

    Manfaat SEO pada e-commerce yang pertama adalah untuk membangun kesadaran merk. Selalu muncul pada hasil pencarian terkait tentunya akan memberikan dampak baik pada brand Anda. Terutama bila Anda berhasil muncul pada kata kunci (keyword) yang sesuai dengan produk yang ditawarkan.

    Bila produk yang ditampilkan menjawab kebutuhan pengguna, maka mereka perlahan akan terus mengingat nama toko Anda, dan kemudian melakukan pembelian.

    2. Membuat Produk Mudah Ditemukan

    Setiap produk tentunya memiliki kata kunci untuk membuatnya mudah ditemukan. Dengan penggunaan dan penyebaran kata kunci yang tepat, SEO akan memudahkan produk Anda ditemukan ketika seseorang mengetik kata kunci yang sesuai. Untuk itu, pastikan Anda memberikan informasi yang benar mengenai nama produk dan penjelasannya.

    3. Meningkatkan Penjualan

    Salah satu tujuan utama penerapan SEO pada e-commerce adalah meningkatkan penjualan. Namun untuk sampai pada tahapan tersebut, ada beberapa hal teknis yang perlu dilakukan, seperti memberikan nama yang tepat pada produk, menulis informasi produk selengkap mungkin, hingga penggunaan gambar yang membuat orang tertarik melakukan pembelian.

    4. Menjangkau Lebih Banyak Pengguna

    Dengan menerapkan strategi SEO pada toko online, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan potensial. Karena Anda bisa menyasar orang-orang yang menjadi target market bisnis maupun produk Anda. Untuk itu, diperlukan riset mendalam mengenai target market yang ingin Anda capai.

    Cara Optimasi SEO untuk e-Commerce

    Cara Optimasi SEO untuk e-Commerce

    Bagi Anda yang memiliki toko online atau menjual produk lewat e-commerce, berikut langkah-langkah optimasi SEO pada e-commerce yang bisa Anda lakukan, antara lain:

    1. Lakukan Riset Keyword

    Sebelum lengkah lebih dalam melakukan optimasi SEO toko online, pastikan Anda melakukan riset keyword terlebih dahulu. Baik kata kunci yang spesifik mengenai produk Anda, maupun kata kunci yang dapat digunakan sebagai pendukung.

    2. Sebar Keyword pada Bagian Penting

    Bila sudah memiliki daftar keyword yang akan digunakan, sebar kata kunci pada bagian-bagian penting, seperti pada judul halaman, nama produk, deskripsi produk hingga meta title dan alt image pada gambar yang akan digunakan. Lakukan penyebaran secara natural, hindari melakukan optimasi yang berlebihan.

    3. Buat Deskripsi Produk yang Informatif

    Cara optimasi SEO pada e-commerce selanjutnya adalah dengan membuat deskripsi produk yang informatif. Deskripsi produk sangat mempengaruhi minat beli pelanggan. Adanya deskripsi produk yang lengkap, akan memudahkan pelanggan memahami produk Anda. Bagian ini juga bisa dimaksimalkan untuk menempatkan kata kunci yang sesuai, seperti keyword yang berhubungan dengan nama produk, spesifikasi, kegunaan, cara pakai dan lain-lain.

    4. Gunakan Title dan Meta Description

    Bila Anda mengandalkan website sebagai toko online, pastikan Anda mengisi meta title dan meta deskripsi dengan benar, baik yang terletak pada halaman utama, halaman produk dan halaman pendukung lainnya. Ini akan memperbesar peluang Anda ditemukan di hasil pencarian.

    5. Pakai Gambar Resolusi Tinggi

    Selain deskripsi produk yang informatif, penggunaan gambar dengan kualitas terbaik juga akan membuat pelanggan yakin dengan produk Anda. Untuk itu, pastikan Anda selalu menggunakan foto produk dengan resolusi tinggi. Lebih baik lagi bila memberikan gambar-gambar pendukung, seperti foto produk dari berbagai sisi.

    Tools SEO untuk Memudahkan Optimasi e-Commerce

    Tools SEO untuk Memudahkan Optimasi e-Commerce

    Jangan khawatir bila Anda akan kesulitan bila melakukan optimasi SEO pada e-commerce secara manual, karena ada beberapa tools untuk memudahkan optimasi e-commerce yang bisa digunakan, seperti:

    Google Keyword Planner 

    Tools yang bisa diandalkan untuk melakukan riset keyword. Anda bisa melihat jumlah pencarian, kategori produk yang sedang banyak dicari hingga perkiraan persaingan kata kunci yang akan digunakan.

    Ubersuggest 

    Tools gratis dari Neil Patel untuk melakukan riset kata kunci secara mendalam. Layanan ini juga tersedia dalam versi berbayar.

    Google Search Console

    Tools milik Google yang bisa dimanfaatkan untuk melihat query atau kata kunci yang mendatangkan pengunjung ke website kita.

    Google Analytics

    Tools Google Analytics berguna untuk melihat data terkait pengunjung atau traffic yang ada di website Anda.

    Google Trends 

    Untuk melihat tren topik atau konten yang sedang ramai dibicarakan.

    WooCommerce 

    WooCommerce adalah plugin untuk membuat toko online semakin menarik. Bisa digunakan pada website berbasis WordPress.

    Kesalahan dalam Optimasi SEO untuk e-Commerce

    Agar usaha yang dilakukan tidak berakhir sia-sia, pastikan Anda menghindari kesalahan umum dalam melakukan optimasi SEO pada toko online, seperti tidak menggunakan keyword yang tepat, gambar beresolusi rendah, tidak memaksimalkan keyword dengan baik, hingga halaman website yang lambat saat diakses oleh pengguna.

    Sekarang Anda sudah siap untuk memenangkan persaingan dengan menerapkan SEO pada e-commerce. Pada dasarnya, adanya penerapan SEO pada e-commerce bisa memberikan dampak yang besar untuk keberlangsungan usaha itu sendiri. Oleh karena itu, Anda bisa melakukannya secara konsisten agar bisa meraih hasil yang optimal. 

  • Bagikan:
  • Rekomendasi lainnya dari Digitalic

    Perusahaan Digital Marketing: Layanan dan Penawaran Jasa Iklan

    Perusahaan digital marketing saat ini menjadi strategi promosi bisnis di era digital. Dengan kemajuan teknologi...

    Anggaran Biaya Iklan di Google Ads dan Cara Menentukannya

    Menjalankan iklan menjadi salah satu aktivitas marketing yang umum dilakukan. Ini merupakan bagian dari penerapan...

    AIDA Framework: Apa Itu dan Fungsinya untuk SEO Content Writing

    AIDA Framework merupakan formula copywriting yang sangat efektif dan berfokus pada konsumen tertentu, pendekatan yang...
    Status code

    HTTP Status Code yang Perlu Dipahami SEO Specialist

    Tidak jarang ketika mengunjungi halaman website menemukan error dengan status code 404, 501, dan sebagainya....