Menulis artikel SEO sangat dibutuhkan karena dalam strukturnya ramah terhadap mesin pencari, sehingga tulisan mudah di crawl. Dengan begitu sudah jelas, bahwa tulisan yang bagus saja tidak cukup tetapi harus bisa memenuhi unsur SEO.
SEO (Search Engine Optimization) adalah langkah penting untuk memastikan bahwa konten yang dihasilkan mudah audien temukan di mesin pencari. Misalnya untuk konten tulisan maka harus memenuhi konsep dasar penulisan SEO friendly.
Apa Itu Artikel Seo?
Artikel SEO adalah konten yang ditulis dengan mempertimbangkan algoritma mesin pencari seperti Google. Tujuan utama dari artikel SEO adalah untuk meningkatkan visibilitas konte di hasil search engine.
Tujuan dari menulis artikel SEO untuk mendatangkan trafik organik dan artikel bisa masuk ke halaman teratas mesin pencari. Dengan kata lain, artikel mudah search engine crawl dan sesuai dengan algoritma yang berjalan.
SEO sendiri merupakan strategi paling efektif dalam meningkatkan peringkat situs website di search engine. Selain itu, setiap konten yang dibuat berdasarkan kaidah SEO untuk meningkatkan jumlah trafik tanpa iklan alias melalui jalur organik.
Jadi maksud dari SEO Friendly adalah upaya mengoptimasi artikel yang meliputi struktur konten, tautan, optimasi gambar, URL, dan lainnya. Begitu juga dengan tulisan SEO harus memenuhi beberapa faktor, dari pemilihan kata kunci, isi tulisan relevan dengan kata kunci, menyisipkan internal/eksternal link, hingga optimasi gambar.
Panduan Cara Membuat Artikel SEO Friendly
Cara membuat artikel SEO yang baik dan benar yaitu dengan melakukan beberapa hal berikut ini:
1. Riset Kata Kunci
Langkah pertama dalam menulis artikel SEO adalah riset kata kunci. Ini melibatkan mencari kata kunci atau frasa yang relevan dengan topik yang sering dicari oleh pengguna search engine.
Untuk mendapatkan kata kunci terbaik maka dapat menggunakan beberapa tools kata kunci seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, Ahrefs, dan lainnya yang dapat membantu anda untuk menemukan kata kunci yang cocok dengan topik pembahasan.
Dalam memilih kata kunci ada dua kategori yang bisa dipertimbangkan yaitu keyword dengan volume pencarian besar, tetapi persaingannya cukup ketat. Lalu, menggunakan kata kunci dengan volume kecil.
Keyword dengan volume kecil umumnya karena masih sedikit yang membahas konten tersebut. Walau begitu, pastikan memilih keyword yang memungkinkan mendapatkan trafik tinggi.
2. Memahami Intent Pengguna
Intent pengguna adalah jawaban relevan terhadap kata kunci yang pengguna masukkan di search engine. Jika mampu memahami intent pengguna maka akan mempengaruhi ranking situs di google.
Contoh mudah dalam membuat tulisan berdasarkan intent pengguna, misalnya mencari informasi dengan kata kunci “cara menghasilkan uang dari internet”. Di halaman teratas akan muncul beberapa rekomendasi, maka tulislah artikel berdasarkan contoh tersebut.
3. Struktur Konten
Struktur penulisan konten SEO sangat penting. Pastikan pada artikel memiliki judul yang menarik, paragraf pendahuluan yang jelas, dan subjudul yang memandu pembaca melalui artikel.
Format penulisan konten artikel SEO friendly harus menggunakan tag HTML seperti H1 untuk judul dan H2, H3, H4, dan seterusnya untuk subjudul. Tag HTML selain membuat tulisan ramah bagi pembaca, dapat membantu mesin pencari memahami konten tulisan.
4. Kualitas Konten
Selain struktur konten yang sesuai dengan kaidah SEO, tulisan juga harus fokus pada kualitas. Kualitas konten yang baik yaitu informatif, relevan, dan bermanfaat.
Dalam membuat konten berkualitas, hindari pengulangan kata kunci secara berlebihan. Sebaliknya, tulis konten secara alami dan memberikan informasi bermanfaat yang audiens butuhkan.
5. Penggunaan Kata Kunci
Gunakan kata kunci secukupnya, tidak berlebihan juga tidak kurang. Penempatan kata kunci yang tepat yaitu harus ada dalam judul, paragraf pendahuluan, sub judul, dan beberapa kali pada isi artikel.
Terpenting penempatan kata kunci tidak berlebihan, karena akan berpengaruh negatif terhadap konten penulisan SEO. Selain itu, masukkan kata kunci lain yang relevan, seperti kata kunci LSI.
6. Tautan Internal dan Eksternal
Salah satu tulisan SEO yang tepat yaitu adanya tautan internal dan eksternal. Untuk menyisipkan tautan eksternal, pastikan menuju ke sumber atau situs terpercaya, karena akan berpengaruh terhadap ranking web.
7. Gunakan Teknik Piramida Terbalik
Penulisan artikel SEO sebaiknya menggunakan teknik piramida terbalik. Teknik ini berupa memasukan informasi paling penting di bagian awal sesuai dengan konten tulisan, penjelasan detail di tengah, dan kesimpulan di akhir tulisan.
8. Menambahkan Konten Visual
Dalam konten tulisan penting untuk menambahkan konten visual. Seperti menambahkan gambar, infografis atau video. Untuk penambahan video sebaiknya menggunakan tautan url, bisa dari youtube atau situs lainnya agar kecepatan situs tidak lambat.
Salah satu faktor konten tulisan mudah search engine crawl yaitu loading web cepat. Oleh sebab itu, penggunaan konten visual harus diatur sedemikian rupa agar tidak membuat loading website lambat.
9. Optimasi Gambar
Penambahan visual gambar maka harus melakukan optimasi dengan tepat. Optimasi gambar yaitu dengan memberi nama yang mengandung keyword, menggunakan format JPG atau PNG. Lalu, ubah ukuran atau kompres gambar agar tidak terlalu besar.
10. Panjang Artikel
Panjang pendeknya tulisan artikel dapat mempengaruhi search engine dalam menemukan konten tulisan pada sebuah website. Untuk artikel SEO sebaiknya lebih dari 500 kata hingga 1000-2500 kata.
Kesimpulan
Panduan cara membuat artikel SEO friendly di atas bisa menjadi dasar kuat untuk membuat tulisan yang informatif sesuai kebutuhan pembaca dan disukai search engine. Jangan lupa untuk mempromosikan tulisan ke media sosial untuk mendapatkan trafik dengan cepat.