Ketika Anda membangun situs website maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset keyword atau keyword research. Tujuan dari riset keyword ini agar Anda bisa membuat konten yang berkualitas sehingga bisa menarik banyak pengunjung dan menaikkan trafik. 

Tanpa melakukan riset keyword sebelum membuat konten itu sangat merugikan. Dimana konten yang dibuat dan di-publish tidak akan menghasilkan apa-apa. Jika sudah begini maka tidak ada pengunjung yang tertarik dan traffik juga tidak akan naik. Lalu, apa yang dimaksud dengan keyword research dan bagaimana cara melakukannya?

Apa Itu Keyword Research?

memahami apa itu keyword research

Keyword research atau riset keyword merupakan riset yang dilakukan sebagai bentuk optimasi SEO untuk mendapatkan keyword terpopuler. Aktivitas mencari kata kunci ini akan mendapatkan hasil berupa keyword populer yang nantinya bisa Anda gunakan untuk membuat konten-konten berkualitas dan bisa bersaing dengan situs website lainnya. 

Dalam aktivitas riset keyword terdapat beberapa proses untuk menganalisis dan juga menemukan kata kunci yang sesuai dengan tujuan, seringkali digunakan untuk SEO (optimasi mesin pencari) ataupun pemasaran umum. 

Keyword research sangat penting dilakukan untuk menemukan apa yang sedang pengguna cari di search engine sehingga Anda bisa menghindari pembuatan konten yang tidak relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna. 

Mengapa diperlukan riset kata kunci? Salah satunya untuk menemukan kata kunci populer sehingga konten yang dibuat merupakan konten berkualitas yang bisa menarik banyak pengunjung dan meningkatkan trafik. 

Cara Melakukan Keyword Research

cara melakukan research keyword

Masih banyak pemilik website yang belum tahu cara melakukan keyword research yang benar. Padahal cara melakukannya sangat mudah. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Mempelajari Niche

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempelajari niche dan juga topik dalam website Anda. Hal ini dilakukan agar Anda mampu memikirkan beragam ide segar pada saat melakukan riset keyword. 

Anda juga bisa membangun komunikasi dengan pengunjung membahas tentang istilah atau kata apa yang dipakai saat mencari informasi di website Anda. Disini Anda bisa mencoba untuk berpikir dari perspektif pengunjung.

2. Memilih Kata Kunci yang Relevan

Setelah Anda selesai mempelajari niche, selanjutnya buatlah daftar kata kunci yang relevan. Disarankan untuk tidak memikirkan satu pilihan saja melainkan harus membuat beberapa pilihan. Anda juga diperbolehkan untuk menambah domisili pada keyword.

3. Mencari Daftar Seed Keyword

Langkah selanjutnya yaitu membuat seed keyword. Seed keyword merupakan benih kata kunci atau kata fokus yang menunjukkan keyword unggulan dari daftar. Seed memiliki peran penting karena menjadi dasar riset dan istilah tersebut mempunyai volume pencarian besar pada search engine. Anda juga bisa menemukan kompetitor dari seed keyword.

4. Menggunakan Tools

Dalam melakukan riset kata kunci, Anda bisa meminta bantuan tools. Ada banyak tools yang bisa digunakan secara gratis, seperti Ubersuggest, Google Keyword Planner, Ahrefs dan masih banyak lagi. 

Pilihlah tools yang paling nyaman digunakan sehingga Anda bisa memperoleh informasi tentang volume pencarian keyword di internet dan tingkat kesulitannya. Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang kompetitor.

5. Mempelajari Kompetitor

Dalam menaikkan traffic, Anda tidak boleh hanya fokus pada konten saja. Dimana Anda juga perlu mempelajari kompetitor untuk bersaing menempati rangking atas di halaman pertama search engine. Anda harus menemukan celah ataupun kelemahan kompetitor supaya bisa lebih unggul. 

6. Buat Daftar Kata Kunci

Cara keyword research selanjutnya yaitu membuat list atau daftar kata kunci utama, Anda perlu mencatat kata kunci apa saja yang dianggap penting. Setelah itu, pilah-pilah hingga ada kata kunci yang cocok dan sesuai dengan hal apa yang ingin dipromosikan melalui website.  Kemudian eliminasi kata yang Anda anggap kurang cocok. 

Semakin mudah untuk diingat dan juga diucapkan, maka akan semakin besar pula potensi untuk meningkatkan trafik kunjungan website. Kata kunci yang dibuat harus sesuai dengan isi website yang Anda miliki.. 

Tools Keyword Research yang Bisa Digunakan

daftar tools untuk research keyword

Supaya Anda bisa dengan mudah melakukan keyword research, maka perlu menggunakan tools keyword research. Ada banyak tools keyword research yang bisa digunakan secara gratis. Berikut nama-nama tools tersebut:

1. Google Keyword Planner

Dilihat dari namanya saja sudah diketahui jika tools ini dikembangkan oleh Google. Google Keyword Planner ini bisa membantu Anda dalam memilih kata kunci dasar dengan tepat, namun bukan satu-satunya tools yang bisa dimanfaatkan.

Google Keyword Planner menawarkan beberapa fitur menarik, salah satunya fitur statistik bagi setiap keyword. Fitur ini bisa memberi Anda informasi perihal besarnya pencarian dan juga perkiraan cost per click atau biaya rata-rata per klik.

2. Ubersuggest

Ubersuggest merupakan salah satu keyword checker yang dilengkapi dengan fitur-fitur menarik, seperti data backlink, overview performa domain, laporan efektivitas SEO di masing-masing halaman, mendapatkan rekomendasi keyword, ide konten dan sebagainya. Selain itu, tool ini sangat user friendly sehingga mudah digunakan

3. Keywordtool.io

Melalui keywordtool.io, Anda akan mendapatkan informasi tentang long tail keyword untuk penerapan teknik SEO. Dimana tool ini bisa memberikan Anda rekomendasi long tail keyword terbaik yang bisa digunakan. Keyword yang didapatkan tidak hanya untuk mesin pencari Google saja tetapi juga kata kunci di Instagram, Youtube, Twitter dan sebagainya.

4. LSI Keyword

LSI Keyword merupakan tool yang memperbolehkan penggunanya untuk mencari keyword utama dan topik yang ada kaitannya dengan konten yang akan dibuat. Supaya bisa mendapatkan rekomendasi kata kunci yang akurat, pengguna bisa memasukkan lebih dari 10 kata kunci sekaligus. 

Itulah informasi tentang SEO keyword research: cara riset keyword yang mudah. Dari penjelasan diatas diketahui bahwa output dari proses keyword research adalah untuk menemukan kata kunci apa yang sedang populer dan banyak dicari. Setelah itu, baru membuat konten dengan kata kunci yang didapatkan agar bisa menarik banyak pengunjung serta menaikkan trafik.