Bila kita berbicara mengenai kesuksesan dalam menjalankan bisnis, tentu ada banyak aspek yang bisa dibahas. Termasuk bagaimana cara meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan. Bagi beberapa orang, terutama yang baru memulai bisnis, mendapatkan kepuasan pelanggan atau customer satisfaction adalah sesuatu yang cukup menantang.
Customer satisfaction merupakan salah satu bagian penting dalam bisnis yang harus diperhatikan. Sebab hal ini tak hanya berpengaruh pada tingkat penjualan, tapi juga dapat mengindikasikan sejauh mana sebuah bisnis dapat bertahan.
Sebelum membahas ini lebih jauh, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu customer satisfaction.
Apa Itu Customer Satisfaction?
Customer satisfaction atau kepuasan pelanggan adalah indikator yang memperlihatkan performa produk atau layanan yang diberikan. Dengan indikator ini, kita bisa melihat bagaimana sebuah produk atau jasa dapat menjawab kebutuhan konsumen.
Ada banyak hal yang bisa kita dapat dengan menganalisa kepuasan pelanggan, seperti tingkat penjualan, feedback dari pelanggan hingga tingkat loyalitas pelanggan terhadap brand. Maka dari itu, penting bagi pemilik bisnis untuk membangun kepuasan pelanggan yang baik.
Manfaat Customer Satisfaction untuk Bisnis
Tentunya ada berbagai keuntungan yang bisa didapat dengan tingginya kepuasan pelanggan. Berikut beberapa manfaat customer satisfaction terhadap bisnis Anda:
Memahami Kekuatan Brand
Dengan melihat tingkat kepuasan pelanggan, kita bisa mengukur sejauh mana bisnis kita mempengaruhi konsumen. Kita bisa menganalisa, memahami serta mempelajari kekuatan dan kekurangan yang dimiliki. Lewat informasi yang kita dapat, kita bisa mempertimbangkan mana hal yang dapat dipertimbangkan, dan apa yang sebaiknya diperbaiki.
Meningkatkan Brand Awareness
Pelanggan yang merasa puas dengan produk atau layanan Anda, dengan sendirinya akan menyumbang eksposur pada bisnis Anda, dan itu akan meningkatkan brand awareness di kalangan calon pelanggan lainnya. Mereka akan mulai mengenal brand Anda, layanan serta produk yang ditawarkan.
Meningkatkan Customer Lifetime Value dan Loyalitas Pelanggan
Kepuasan pelanggan juga akan berdampak pada jumlah keuntungan yang didapat oleh perusahaan. Melansir dari Amazon Advertising, dalam artikelnya yang berjudul “Customer retention: Meaning, importance, strategies, and examples“,
Dengan kepercayaan pelanggan yang berhasil dibangun, semestinya kita mendapatkan pelanggan yang loyal dan melakukan pembelian secara berkala.
Menjaga Minat Beli Pelanggan
Ketika pembeli merasa puas dengan produk atau layanan yang kita berikan, maka mereka akan kembali melakukan pembelian dan menjadi pelanggan setia. Bila hal tersebut tidak dijaga dengan baik, maka mereka akan pergi secara perlahan.
Cara Meningkatkan Customer Satisfaction
Lalu, bagaimana cara meningkatkan customer satisfaction? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:
1. Dengarkan Kritik dan Saran Konsumen
Sebagai pemilik bisnis, kita tentu harus mendengarkan kritik dan saran dari pelanggan. Karena hal tersebut bisa membantu kita menjadi lebih baik, dan mendatangkan lebih banyak pelanggan baru nantinya. Anda bisa menemukan hal ini dengan bertanya langsung atau lewat review pelanggan.
2. Kenali Pelanggan dengan Baik
Saat menentukan target market, pasti kita sudah mengumpulkan data pelanggan dengan sangat lengkap. Pelajari informasi tersebut untuk membangun kedekatan dengan pelanggan. Saat pelanggan mereka diperhatikan, mereka juga akan memberikan respon positif terhadap produk atau layanan yang mereka rasakan.
3. Berikan Respon Cepat
Respon yang cepat akan sangat berpengaruh pada pengalaman berbelanja. Pelayanan yang lambat akan menurunkan minat beli, dan membuat pelanggan kecewa dengan pelayanan Anda.
4. Kolaborasi dan Inovasi
Pelanggan pastinya akan selalu menantikan inovasi dari produk dan layanan Anda. Maka dari itu, pastikan untuk selalu membuat gebrakan baru atau berkolaborasi dengan orang-orang yang mungkin disukai oleh pelanggan. Itu akan menambah ketertarikan mereka terhadap bisnis Anda.
5. Berikan Penawaran Menarik
Pembeli sangat menyukai penawaran, apalagi yang berhubungan dengan pembelian yang mereka lakukan. Anda bisa memanfaat ini untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Berikan mereka penawaran menarik yang sesuai dengan value produk Anda.
Cara Menggunakan SEO untuk Tingkatkan Kepuasan Pelanggan
Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization). Bagaimana SEO bisa meningkatkan customer satisfaction? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:
1. Buat Website yang Responsif
Bila Anda mengandalkan website sebagai media berjualan, pastikan Anda membuat website yang responsif, yaitu tampilan yang dapat menyesuaikan perangkat yang digunakan oleh pengguna. Ini akan meningkatkan pengalaman mereka dalam berbelanja dan melihat produk serta layanan yang Anda tawarkan.
2. Berikan Konten yang Informatif
Saat pengguna masuk ke website, salah satu yang mereka cari adalah informasi. Khususnya yang berkaitan dengan produk dan layanan Anda. Untuk itu, selalu berikan konten yang informatif kepada pelanggan. Jangan sampai mereka mencari informasi tentang produk Anda dari sumber lain yang belum tentu benar.
3. Utamakan Pengguna Mobile
Sebagian besar pelanggan menjangkau Anda melalui ponsel. Jadi pastikan Anda memprioritaskan kenyaman mereka ketika mengakses konten atau website Anda melalui handphone.
4. Gunakan Internal Link
Internal membantu pengunjung menemukan informasi yang mereka butuhkan. Pastikan Anda memberikan internal link pada halaman yang sesuai dan dibutuhkan oleh user.
5. Tampilkan Review Pelanggan
Review pelanggan akan membantu pembeli mengambil keputusan. Ulasan yang diberikan akan memudahkan mereka dalam memahami kualitas produk dan layanan Anda. Pastikan Anda menampilkan review pelanggan yang paling relevan.
Kesimpulan
Menjaga kepuasan pelanggan memang sangat penting untuk dilakukan. Anda bisa mencoba untuk senantiasa meningkatkan kepuasan tersebut agar pelanggan tidak pergi. Dengan SEO, Anda pun bisa meningkatkan customer satisfaction dengan lebih mudah dan efektif. Seperti dengan membuat website yang responsif, membuat konten bermanfaat, menggunakan internal link, dan lain sebagainya.