Teknologi yang semakin canggih harus dimanfaatkan dengan baik, terutama bagia perusahaan. Perusahaan harus memanfaatkan teknologi tersebut untuk melakukan pemasaran menggunakan digital marketing. Digital marketing dilakukan dengan memanfaatkan internet dan SEO keywords.
Digital marketing adalah teknik pemasaran yang menggunakan sebuah platform digital sebagai wadah untuk memasarkan produk atau jasa secara luas. Untuk menggunakan platform digital ini, terlebih dahulu harus merancang SEO keyword. Apa yang dimaksud dengan SEO keyword?
Pengertian SEO Keywords
Seperti yang dilansir dari laman SEMRush pada artikel yang berjudul “What Are Keywords? Types of Keywords, Explained“, keywords atau kata kunci adalah frasa atau kata-kata yang ditulis di mesin pencarian untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Berdasarkan dari pengertian keyword diatas, SEO keywords bisa diartikan sebagai kata kunci yang didapatkan berdasarkan riset SEO yang digunakan oleh pengguna internet untuk menemukan suatu halaman di halaman hasil pencarian.
Kata kunci SEO merupakan istilah yang ditambahkan ke konten online Anda untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari. Kata kunci ini nantinya akan membantu website Anda berada di peringkat teratas di hasil mesin pencari. Tujuannya supaya website muncul di halaman pertama hasil pencarian.
Jenis-Jenis SEO Keywords dan Fungsinya
Berdasarkan panjangnya, inilah jenis-jenis SEO keywords yang harus diketahui:
1. Short-tail Keywords
Short-tail keywords juga dikenal dan sebutan board keywords, head keywords atau generic keywords. Short-tail keywords adalah kata kunci umum yang sering digunakan oleh pengunjung internet untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Dikarenakan kata kuncinya sangat umum, maka volume pencarian dengan kata-kata ini sangat besar.
Volume pencarian yang besar mengakibatkan persaingan yang sangat tinggi antar website untuk mendapatkan posisi teratas di halaman hasil pencarian. Contoh dari short tail keywords adalah :marketing”, “restoran”, “smartphone” dan sebagainya.
2. Mid-tail Keywords
SEO keywords selanjutnya adalah Mid-tail keywords. Mid-tail keywords merupakan kata kunci dengan volume pencarian dan persaingannya tidak setinggi short-tail keyword tetapi belum mencapai volume pencarian dan juga persaingan di long-tail keywords.
Biasanya mid-tail keywords ini menggunakan kata tambahan yang menjelaskan kata kunci utama sehingga panjang kata yang digunakan sedikit melebihi short-tail keywords. Contohnya yaitu “skill digital marketer”, “restoran seafood terdekat” dan sebagainya.
3. Long-tail Keywords
Long-tail keywords adalah jenis kata kunci SEO yang paling detail dan panjang rangkaiannya. Maka dari itu, kata kunci yang dituliskan di kolom pencarian tersebut merupakan kata kunci yang target audiensnya sangat berfokus. Volume pencarian long-tail keywords sangat kecil dengan tingkat persaingan yang juga rendah.
Jenis kata kunci SEO in memungkinkan website Anda untuk menempati halaman utama di hasil pencarian di internet dengan ranking yang tinggi. Contoh “restoran seafood terenak di daerah Surabaya”.
4. Information Keywords
Jenis SEO keywords ini bisa Anda bedakan dengan sangat mudah. Alasannya karena information keyword biasanya berisi “kata tanya” , seperti apa, kapan, mengapa, bagaimana, dimana dan sebagainya.
Information keyword bermanfaat dalam membangun kesadaran merek dengan menargetkan audiens dengan konten informasi dan mengedukasi. Melalui optimasi informational keywords, situs website bisa menjadi prioritas di niche Anda dan dipercaya oleh audiens yang mencari pertanyaan umum.
5. Navigation Keyword
Jenis SEO keywords yang terakhir adalah navigational keywords. Pengguna atau user yang mencari menggunakan kata kunci navigasi, berarti sudah mengetahui perusahaan maupun produk dan ingin menemukan situs websitenya atau lokasi fisik perusahaan untuk mendapatkan produk yang diinginkan.
Misalnya, review sepatu adidas, sepatu wanita terbaik 2023 dan sebagainya. pengguna masuk pada tahap pertimbangan atau consideration akan memilih produk Anda atau tidak.
Tips Memilih SEO Keyword yang Tepat
Agar bisa menentukan keyword yang tepat, inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:
1. Pertimbangkan Tujuan Pencarian Pengguna
Ketika Anda memilih SEO keywords, pertimbangkan apa yang sedang dicari oleh para pengguna internet di mesin pencari. Pilih keywords yang paling relevan dengan topik ataupun produk yang Anda tawarkan. Supaya lebih mudah, Anda bisa menggunakan tools untuk melakukan riset keyword.
2. Gunakan Alat Riset Keyword
Anda bisa memilih salah satu tools riset keywords untuk membantu menemukan keyword apa yang paling relevan dan juga populer untuk bisnis maupun website. Google Keyword Planner dan SEMrush menjadi tools yang bisa digunakan. Selain itu juga bisa menggunakan tools lainnya.
3. Analisis Keyword Pesaing
Tips satu ini bisa membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang tepat. Anda bisa menemukan kata kunci yang paling efektif dan cocok dengan website yang dimiliki dengan cara mempelajari keyword yang digunakan oleh kompetitor.
4. Hindari Penggunaan Keyword yang Terlalu Umum
Hindari penggunaan keyword yang terlalu umum yang digunakan oleh kompetitor Anda. Sebaiknya Anda memilih keyword yang lebih spesifik dan niche untuk memperkuat posisi website Anda di mesin pencari.
Penggunaan kata umum cenderung banyak digunakan oleh website lainnya sehingga peluang untuk tampil di halaman utama mesin pencari akan lebih kecil.
5. Perhatikan Tingkat Persaingan
Anda disarankan untuk memilih keywords yang memiliki tingkat persaingan rendah karena memilih keywords yang populer dan kompetitif cukup sulit untuk bersaing serta memerlukan waktu lebih lama untuk mencapai peringkat yang lebih baik. Jenis keyword dengan tingkat persaingan rendah adalah long-tail keywords atau local business keywords.
6. Gunakan Kata Kunci Long-tail Keywords
Long-tail keyword merupakan gabungan dari beberapa kata yang spesifik dan bisa membantu Anda menargetkan audiens yang lebih spesifik serta memperkuat posisi website di mesin pencari. Contoh long-tail keywords adalah “restoran seafood terenak di daerah Surabaya”.
7. Lakukan Uji Coba dan Evaluasi
Anda harus melakukan uji coba keywords dan evaluasi terus menerus untuk menemukan kata kunci yang paling efektif dan terus menerus menyesuaikan strategi SEO yang digunakan. Menggunakan SEO keywords yang tepat maka akan membuat website berkembang dan juga menaikkan peringkat website di mesin pencari.
Website yang tampil di halaman utama mesin pencari maka akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung.
Setelah Anda menentukan SEO keyword yang tepat, selanjutnya yaitu cara menggunakannya dalam konten. Berikut langkah-langkahnya:
- Gunakan keyword dalam meta deskripsi
- Masukkan keyword di tag judul SEO Anda
- Gunakan keywords dalam judul artikel
- Gunakan keywords dalam 200 kata pertama
- Sisipkan keyword secara alami sepanjang artikel
- Gunakan kata kunci di 200 kata terakhir
- Gunakan kata kunci di tautan anchor text
Nah itulah informasi tentang SEO keyword, mulai dari pengertian, jenis-jenisnya hingga cara menggunakannya dalam konten. Diharapkan informasi diatas bisa membantu Anda lebih memahami apa itu kata kunci SEO dan bisa menerapkannya lebih mudah.